detikNews
Jumat 02 Agustus 2019, 07:27 WIB

Blak-blakan Wali Kota Surabaya

Prestasi Risma Kelola Surabaya hingga Godaan ke DKI dan Menteri

Erwin Dariyanto - detikNews
Prestasi Risma Kelola Surabaya hingga Godaan ke DKI dan Menteri Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Kreativitas dan inovasi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) dalam menata kota menuai apresiasi dari banyak pihak. Dalam hal mengelola sampah, misalnya, sejak bertahun lalu Risma memelopori berbagai upaya mengurangi sampah plastik. Dia juga yang pertama menjadikan sampah di Surabaya sebagai kompos hingga sumber energi listrik.

[Gambas:Video 20detik]



Pada 15 Juni lalu dia menjadi pembicara di World Materials Forum di Kota Nancy, Prancis untuk memaparkan pengalamannya mengelola sampah. Di dalam negeri pada Senin pekan ini, sejumlah anggota DPRD DKI khusus menemui Risma di Surabaya untuk studi banding soal sampah. Saking terpikatnya, Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Besari Barus sempat melontarkan harapannya agar Risma bersedia ikut menyelesaikan persoalan sampah di Jakarta.


Risma digadang-gadang menjadi Gubernur DKI Jakarta. Juga disebut-sebut berpeluang masuk jajaran menteri kabinet Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Risma merespons itu dengan rendah hati. "Jabatan publik itu amanah, bukan untuk diminta atau diperebutkan," kata dia kepada tim Blak-blakan detikcom.

Ia tak mau terjebak apakah mau menjadi gubernur, menteri, atau presiden sekalipun. "Kalau saya bilang iya, itu artinya sombong seolah saya punya kemampuan," tegasnya.


Risma lebih senang berbagi pengetahuan dan pengalaman ketimbang bergunjing soal jabatan publik yang lebih tinggi. Sebagai wali kota, ia berseloroh, dia sudah bertindak dan bekerja layaknya menteri sosial, pendidikan, lingkungan hidup. "Pokoknya aku ini sudah jadi menteri macam-macam," ujarnya sambil tertawa.

Di luar semua itu, Risma juga mengungkapkan cerita sebenarnya terkait gangguan kesehatan yang membuatnya harus rawat inap di rumah sakit beberapa hari lalu. Kini, dandanannya sedikit berubah. Dia menggunakan sepatu kulit jenis boot, bukan sepatu yang biasa digunakan kaum perempuan pada umumnya. "Iya, ini bagian dari terapi," ujarnya.

Selengkapnya, tonton Blak-blakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, 'Sampah, DKI dan Kursi Menteri' di detikcom.



Tonton Blak-blakan Tri Rismaharini: Sampah, DKI, dan Kursi Menteri:


Prestasi Risma Kelola Surabaya hingga Godaan ke DKI dan Menteri

(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com