Kemendagri: Ide Bima Arya Perluas Kota Bogor Perlu Diuji

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 01 Agu 2019 20:35 WIB
Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, memiliki ide memperluas wilayah Kota Bogor dengan mengurangi wilayah Kabupaten Bogor. Salah satu alasannya demi meningkatkan pelayanan warga. Kementerian Dalam Negeri menilai ide Bima Arya perlu diuji.

"Dari sisi niat, yakni soal pelayanan, itu bagus, tapi harus diuji lagi," kata Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar, kepada wartawan, Kamis (1/8/2019).



Dia menyoroti alasan yang menjadi landasan Bima Arya memperluas Kota Bogor, yakni pelayanan. Bila kini ada wilayah Kota atau Kabupaten Bogor yang belum terjangkau pelayanan pemerintah secara maksimal, itu bukan serta-merta wilayah Kota Bogor perlu diperluas. Alasan lainnya adalah mengantisipasi ledakan penduduk.

"Yang perlu dijalankan oleh kedua daerah ini (Kota dan Kabupaten Bogor) supaya bisa mengantisipasi ledakan penduduk? Bagaimana pula supaya daerah yang terisolasi dan tak terjangkau pelayanan itu bisa dilayani saat ini? Berarti kedua pihak ini harus duduk bersama merumuskan cara melayani masyarakat," kata Bahtiar.



Kemendagri menghargai gagasan Bima Arya, tapi realisasi perluasan wilayah itu butuh proses yang panjang, yakni dari level Wali Kota dan Bupati harus mendapat persetujuan tingkat Provinsi, dibawa sampai ke Presiden lewat Kemendagri, dan perlu pula persetujuan DPR. Di sisi lain, pelayanan untuk warga harus segera dipenuhi tanpa harus menunggu lama.

"Substansinya adalah pelayanan masyarakat. Kalau menunggu perubahan, maka itu akan lama, bisa disetujui tapi bisa juga tidak disetujui. Maka yang penting adalah apa yang dibuat oleh dua daerah ini supaya warganya bisa dilayani segera," kata Bahtiar, yang juga Doktor Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjadjaran.



"Masyarakat sebenarnya juga tidak terlalu menghiraukan apakah dirinya berada di wilayah Kota atau Kabupaten, bagi mereka yang penting pelayanan tersedia, ada pengamanan, ada fasilitas kesehatan hingga sekolah," tutur Bahtiar.

Kemendagri: Ide Bima Arya Perluas Kota Bogor Perlu DiujiWali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (Agung Pambudhy/detikcom)

Rencana perluasan Kota Bogor dengan 'mencaplok' wilayah kabupaten, disebut Bima Arya, sudah lama diwacanakan. Tapi Bima Arya menginstruksikan agar kajian dilakukan lebih dulu sebelum berbicara mengenai wilayah kabupaten yang potensial untuk perluasan Kota Bogor. Layanan warga menjadi salah satu alasannya.

"Kebutuhan ini juga untuk memaksimalkan layanan-layanan warga yang dekat, mungkin daerah-daerah yang berbatasan langsung dengan kecamatan-kecamatan (kabupaten), yang kalau masuk kewenangan kita (Pemkot) lebih mudah menyinkronkan," ujar Bima Arya. (dnu/fjp)