detikNews
Kamis 01 Agustus 2019, 17:45 WIB

KPK Tahan Anggota DPR F-PAN Sukiman Tersangka Kasus Mafia Anggaran

Zunita Putri - detikNews
KPK Tahan Anggota DPR F-PAN Sukiman Tersangka Kasus Mafia Anggaran Anggota DPR F-PAN Sukiman ditahan KPK. (Zunita/detikcom)
Jakarta - KPK menahan anggota DPR RI Fraksi PAN Sukiman sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan dana perimbangan Kabupaten Pegunungan Arfak. Dia tak banyak bicara saat dibawa ke mobil tahanan.

Sukiman keluar dari gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2019), sekitar pukul 17.15 WIB. Dia terlihat memakai rompi tahanan berwarna oranye dengan tangan diborgol.

"Terima kasih, ya, mohon doanya, mudah-mudahan cepat selesai," ujar Sukiman.



KPK belum menyebut Sukiman ditahan di mana. Sukiman hari ini dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Natan Pasomba, yang merupakan Plt Kadis PUPR Pegunungan Arfak.

Natan ditetapkan sebagai tersangka karena diduga memberikan suap kepada Sukiman untuk memuluskan pengurusan dana perimbangan pada APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak. Natan ditahan lebih dulu.

KPK menduga Natan menyiapkan uang Rp 4,41 miliar, yang terdiri atas uang tunai sejumlah Rp 3,96 miliar dan valas USD 33.500. Jumlah tersebut, menurut KPK, merupakan commitment fee sebesar 9 persen dari dana perimbangan yang dialokasikan untuk Pegunungan Arfak.

KPK menduga duit yang diterima Sukiman berjumlah Rp 2,65 miliar. Suap itu diduga diterima Sukiman antara Juli 2017 dan April 2018 dengan beberapa pihak sebagai perantara.

Perkara ini merupakan pengembangan yang dilakukan KPK terhadap perkara sebelumnya melalui operasi tangkap tangan (OTT). Dalam perkara sebelum Sukiman, KPK menjerat eks anggota DPR F-Demokrat Amin Santono, Eka Kamaluddin, Yaya Purnomo, dan Ahmad Ghiast.
(zap/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com