detikNews
Kamis 01 Agustus 2019, 10:27 WIB

Nama Sutopo Purwo Diabadikan Jadi Ruangan di Gedung BNPB

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Nama Sutopo Purwo Diabadikan Jadi Ruangan di Gedung BNPB Ruang Serbaguna Sutopo Purwo Nugroho di BNPB (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Kepala BNPB Doni Monardo meresmikan nama baru untuk salah satu auditorium di Graha BNPB. Nama mantan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho diabadikan sebagai nama ruangan tersebut.

"Dengan ini ruangan Dr Sutopo Purwo Nugroho resmi dibuka," kata Kepala BNPB Doni Munardo di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (1/8/2019).


Peresmian itu ditandai dengan pembukaan tirai yang berada di depan ruangan. Doni membuka tirai tersebut disaksikan langsung perwakilan keluarga Sutopo yang turut hadir.

Ruang Auditorium Sutopo berdada di lantai 15 Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur. Ruangan berbentuk persegi panjang itu berukuran sekitar 10 x 20 meter.

Selain diabadikan sebagai nama ruangan, mendiang Sutopo diberi penghargaan pengabdian insan kemanusiaan Dharma Widya Argya. Penghargaan itu diserahkan Doni ke keluarga Sutopo.

Seperti diketahui, Sutopo Purwo Nugroho tutup usia di Guangzhou, China, Minggu (7/7) dini hari, pada pukul 02.00 waktu setempat. Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru. Dia didiagnosis di sekitar awal Desember 2017. Sutopo dimakamkan di TPU Sonolayu, Boyolali Kota, Senin (8/7).


Di tengah perjuangannya melawan kanker, Sutopo masih terus bertugas mengawal kejadian bencana di Indonesia. Dia pun sehari-hari masih bisa ditemui menyampaikan keterangan pers soal bencana kepada awak media.

Tak hanya itu, hampir 24 jam Sutopo siap siaga menyampaikan perkembangan informasi seputar bencana. Telepon ataupun pesan elektronik dari awak media pun selalu dibalasnya.

Sutopo juga sangat aktif menyampaikan perkembangan seputar bencana melalui akun Twitter-nya. Kanker tak menyurutkan semangat sang pahlawan kemanusiaan itu untuk terus bekerja. Bahkan media internasional ABC Internasional sempat menuliskan cerita Sutopo ketika meng-update informasi bencana.



Berjasa ke Pers, ATVSI Beri Penghargaan ke Alm Sutopo Purwo Nugroho:

[Gambas:Video 20detik]


(abw/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com