detikNews
Kamis 01 Agustus 2019, 09:46 WIB

Soal Pencari Suaka di Kalideres, Dinsos DKI: UNHCR Harus Lebih Berperan

Audrey Santoso - detikNews
Soal Pencari Suaka di Kalideres, Dinsos DKI: UNHCR Harus Lebih Berperan Suasana pengungsian pencari suaka di Kalideres, Jakarta Barat. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Dinas Sosial DKI Jakarta berharap UNHCR mengambil peran yang lebih besar dalam penanganan pencari suaka di Kalideres, Jakarta Barat. Saat ini terdata ada sekitar 1.170 pencari suaka yang mengungsi di pengungsian eks lahan Kodim Jakarta Barat.

"Tentu saja dia (UNHCR) harus lebih mengambil peran yang lebih penting. Yang pasti kan sekarang sudah ada cover mereka untuk logistik selama 7 hari ke depan, mereka juga infonya akan memberikan 5 portable toilet. Jadi akan ada 10 portable toilet di sana," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah saat dihubungi detikcom, Kamis (1/8/2019).


Irmansyah mengaku belum tahu bagaimana nasib suplai logistik untuk para pengungsi setelah 7 Agustus mendatang. Diketahui Pemprov DKI tak lagi menanggung suplai logistik para pengungsi sejak hari ini dan UNHCR telah menyatakan bersedia menanggung kebutuhan makan para pengungsi hanya sampai sepekan ke depan.

"UNHCR yang akan meng-cover logistik mereka dalam bentuk makan selama 7 hari, mulai hari ini sampai tanggal 7. Setelah itu belum dapat info lagi kita. Tetap ikhtiar, imbau semua masyarakat yang peduli, mudah-mudahan ada yang terdorong, tergerak hatinya untuk memberi bantuan," tutur Irmansyah.


Sebelumnya, pemerintah DKI Jakarta menyatakan tidak lagi menanggung logistik makanan pencari suaka di pengungsian eks lahan Kodim, Kalideres, Jakarta Barat, mulai 1 Juli 2019. Selama satu minggu ke depan, UNHCR-lah yang akan menyediakannya.

Meski Dinas Sosial (Dinsos) tidak menanggung ketersediaan logistik, mereka ikut membantu penyaluran makanan. Dinas Sosial masih membantu kebutuhan lain di luar logistik makanan. Pengungsi masih diperbolehkan menempati lokasi pengungsian.


Penghentian tanggungan makan pencari suaka didasari ketersediaan anggaran Dinas Sosial. Dinsos menyebut ada kebutuhan lain yang mesti disiapkan.
(aud/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com