detikNews
Rabu 31 Juli 2019, 18:42 WIB

Tinjau Pasar Onan Baru Samosir, Iriana Beli Teri, Jokowi Dikerumuni Warga

Ray Jordan - detikNews
Tinjau Pasar Onan Baru Samosir, Iriana Beli Teri, Jokowi Dikerumuni Warga Jokowi dan Iriana di Pasar Onan Baru Samosir (Jordan/detikcom)
Samosir - Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Samosir, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak istrinya Ibu Negara Iriana menyambangi Pasar Onan Baru Pangururan. Di pasar itu, Iriana memborong ikan teri, sementara Jokowi terus dikerumuni masyarakat.

Kedatangan Jokowi di Pasar Onan Baru Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu (31/7/2019) disambut meriah oleh warga dan pedagang. Mereka meneriakkan nama Jokowi begitu Jokowi dan Iriana turun dari mobil.

Melihat sosok Jokowi, warga langsung mendekat untuk bersalaman dan foto bersama. Sambil berjalan perlahan, Jokowi dan Iriana meladeni permintaan warga.



Di muka pasar, Jokowi dan Iriana disambut oleh dagangan ikan asin dan beragam ikan teri. Iriana membeli ikan teri Medan dan ikan teri Pekto sebanyak 1 kilogram.

Jokowi dan Iriana kemudian masuk ke pasar. Warga terus berdesakan hendak ikut masuk mengekor Jokowi dan Iriana.

Jokowi melihat-lihat kios yang menjual pakaian, sementara Iriana melihat-lihat dagangan kain ulos khas Batak.

Keduanya lantas berjarak. Iriana berjalan lebih dulu di depan, sementara Jokowi terhambat jalannya karena banyak warga yang berkerumun untuk bersalaman dan foto dengannya.



Setelah sekitar 30 menit di pasar, Iriana lebih dulu masuk ke mobil. Sedangkan Jokowi masih meladeni permintaan salaman dan foto oleh warga dan pedagang.

"Pak Jokowi, terima kasih sudah berkunjung ke Samosir. Horas!" teriak salah seorang pedagang ke Jokowi.

Tinjau Pasar Onan Baru Samosir, Iriana Beli Teri-Jokowi Dikerumuni WargaJokowi dan Iriana di Pasar Onan Baru Samosir (Jordan/detikcom)


Suasana pasar riuh. Bahkan banyak juga pelajar berlarian di dalam pasar mencari posisi agar bisa menyapa dan bersalaman dengan Jokowi.

Pasar Onan Baru Pangururan ini hanya beroperasi setiap hari Rabu dalam sepekan. Barang yang dijajakan mulai sayuran, bahan lauk-pauk, hingga pakaian dan suvenir.

Tak lama kemudian Jokowi meninggalkan lokasi pasar dan melanjutkan perjalanan darat untuk meninjau pelebaran alur dan pembangunan jembatan Tano Ponggol yang menghubungkan Samosir dengan Toba Samosir.



Simak Juga 'Momen Jokowi Ngemal Bareng Iriana':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com