detikNews
Rabu 31 Juli 2019, 17:50 WIB

Padang Savana di Gunung Rinjani NTB Terbakar

Tim detikcom - detikNews
Padang Savana di Gunung Rinjani NTB Terbakar Ilustrasi Gunung Rinjani (Neny Setiyowati/d'Traveler)
Mataram - Padang savana di Gunung Rinjani, Lombok Timur, NTB, terbakar sejak tadi malam hingga sore ini. Luas savana yang terbakar sekitar 88 hektare.

"Sekitar 58 hektare kawasan yang terbakar sudah padam, sisanya sekitar 30 hektare masih ada api hingga Rabu pukul 16.00 Wita," kata Kepala KPHL Rinjani Timur, Saladin, yang dikutip dari Antara, Rabu (31/7/2019).

Ia menyebutkan kobaran api yang masih membakar padang savana terdapat di arah Gunung Nanggi dan Bukit Pergasingan. Sedangkan yang sudah padam di bagian atas kawasan Hutan Pusuk, Kecamatan Sembalun. Seluruhnya masuk KPHL Rinjani Timur.

Ada juga sebagian kecil kawasan yang terbakar tapi sudah padam. Kawasan tersebut masuk Taman Nasional Gunung Rinjani, yakni di Sebau.



Upaya pemadaman api masih terus dilakukan oleh 20 anggota tim gabungan, yang terdiri atas anggota KPHL Rinjani Timur, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, anggota TNI-Polri, dan unsur Kecamatan Sembalun.

"Tim melakukan pemadaman secara bergiliran. Setiap tim beranggotakan 20 orang. Kalau sudah terasa tidak kuat, maka tim lain menggantikan," ujarnya.

Menurut Saladin, petugas gabungan kesulitan melakukan upaya pemadaman karena lokasi yang sulit dicapai. Ia menambahkan kondisi angin yang relatif kencang juga mempercepat terbakarnya rumput ilalang yang mengering pada musim kemarau seperti saat ini.
(rvk/asp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com