detikNews
Rabu 31 Juli 2019, 16:35 WIB

Mulai Besok, Pemprov DKI Tak Tanggung Makan Pencari Suaka di Kalideres

Arief Ikhsanudin - detikNews
Mulai Besok, Pemprov DKI Tak Tanggung Makan Pencari Suaka di Kalideres Pencari suaka di gedung eks Kodim, Jakarta Barat. (Elmy Tasya Khairally/detikcom)
Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta tidak lagi menanggung logistik makanan pencari suaka di pengungsian eks lahan Kodim, Kalideres, Jakarta Barat, mulai besok. Selama satu minggu ke depan, UNHCR-lah yang akan menyediakannya.

"Betul, hari ini hari terakhir. Kita tidak usah dipikirkan, doa sama-sama saja. Doa sama-sama. Alhamdulillah, saya perlu konfirmasi ulang karena tidak ikut rapat, besok alhamdulillah UNHCR akan meng-cover selama 7 hari," ucap Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah saat dihubungi, Rabu (31/7/2019).


Meski Dinas Sosial (Dinsos) tidak menanggung ketersediaan logistik, mereka ikut membantu penyaluran makanan. "Iya, (yang menanggung) bukan Dinsos. UNHCR men-cover. Tapi untuk proses distribusi dan lain-lain tetap Dinsos," ucapnya.

Dinas Sosial masih membantu kebutuhan lain di luar logistik makanan. Pengungsi masih diperbolehkan menempati lokasi pengungsian.

"Berarti kita hanya (menyediakan) kebutuhan dasar yang lain, (seperti) tempat tinggal, air, tetap. Kesehatan pun sudah dapat support dari Siloam, dengan Pak James Riady," kata Irmansyah.

Penghentian tanggungan makan pencari suaka didasari ketersediaan anggaran Dinas Sosial. Dinsos menyebut ada kebutuhan lain yang mesti disiapkan.

"Sudah pasti (masalah) dana. Kita harus sesuaikan juga, antisipasi, apabila, bukan apabila tapi cukup banyak kebakaran, itu yang menjadi tugas pokok Dinsos kan. Karena kami tidak alokasikan untuk pencari suaka. Itu kan sebenarnya urusan UNHCR, pemerintah pusat," ucap Irmansyah.


Irmansyah berharap ada bantuan dari pihak lain, sehingga kebutuhan dasar pencari suaka bisa terpenuhi.

"Satu per satu alhamdulillah, makanya kita sebarkan (informasi) kepada semuanya, semua memberikan kepedulian kepada mereka," kata Irmansyah.



Simak Juga 'Warga Tolak Imigran, Anies Minta Solusi Permanen Pemerintah Pusat':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com