detikNews
Rabu 31 Juli 2019, 12:05 WIB

Dihukum Membolos, Brigadir AG Nyopiri Taksi Online karena Terlilit Utang

Mei Amelia R - detikNews
Dihukum Membolos, Brigadir AG Nyopiri Taksi Online karena Terlilit Utang Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Seorang anggota Polres Jakut Brigadir AG bolos dinas demi menjadi sopir taksi online. AG memilih menjadi sopir taksi online karena terlilit utang ke koperasi.

"Kita tanya kenapa (bolos dinas), dia ternyata mobil yang dipakai untuk taksi online itu mobil kredit. Nah untuk DP (kredit) dia minjam di koperasi Polres Rp 50 juta," jelas Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto saat dihubungi detikcom, Rabu (31/7/2019).

Untuk membayar cicilan itu, akhirnya AG memutuskan menggunakan mobilnya itu untuk taksi online. Harapannya, cicilan kredit mobilnya bisa ditutupi dengan nyambi taksi online.

"Untuk angsurannya kan bingung karena harus bayar juga, dia ahhirnya ambil jalan pintas jadi sopir taksi online, tapi dengan cara membolos," tuturnya.

Budhi mengatakan bahwa AG merupakan target operasi (TO) Polres Metro Jakarta Utara. AG disebut sudah sering membolos dinas tanpa pemberitahuan yang jelas.

"Dia sudah sering nggak masuk dinas, terus kita lakukan pembinaan, jadi dia dalam masa pengawasan kita lah," tuturnya.

AG sempat diselkan karena melakukan pelanggaran. Setelah menjalani pembinaan dan pengawasan, AG kembali meninggalkan pekerjaan dan kali ini untuk menyopiri taksi online.



"Kemarin pada saat saya cek itu awalnya nggak masuk, alasannya sakit ada surat sakit dua hari. Setelah surat sakit lewat nggak masuk lagi sampai 2 minggu," imbuhnya.

AG kemudian dicari oleh provost. Setelah berhasil ditemukan, AG dihadapkan kepada pimpinan dan diberikan hukuman yakni dihukum berdiri selama apel pagi.

Saat ini AG ditempatkan di Staf Umum. Hal ini agar lebih memudahkan pimpinan dalam mengawasinya.

"Dia ini kan sedang masa pembinaan, selama pembinaan itu saya taruh di sie-um (seksi umum), agar lebih mudah saya mengawasinya," ucapnya.




(mei/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com