detikNews
Selasa 30 Juli 2019, 23:56 WIB

Jokowi Akan Sulap Kampung Ulos di Samosir Jadi Destinasi Berkelas

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Akan Sulap Kampung Ulos di Samosir Jadi Destinasi Berkelas Foto: Jordan/detikcom
Samosir - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi kampung ulos di Samosir, Sumatera Utara. Jokowi berjanji akan merapikan kawasan kampung ulos tersebut agar menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dan berkelas di Samosir.

Jokowi tiba di Kampung Ulos Hutaraja, Desa Lumban Suhisuhi, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Selasa (30/7/2019) sore. Jokowi datang bersama Ibu Negara Iriana.



Kedatangan Jokowi disambut dengan tarian adat khas Batak. Kepada Jokowi juga langsung diperlihatkan dengan beragam kain ulos khas Batak.

Ada juga perempuan penenun yang sibuk menenun ulos. Jokowi dan Iriana sempat menghampiri dan berbincang dengan penenun tersebut.

Jokowi akan Sulap Kampung Ulos di Samosir Jadi Destinasi BerkelasFoto: Jordan/detikcom


Jokowi dan Iriana sempat masuk ke rumah adat khas Batak. Keduanya bersalaman dan berbincang di dalam rumah tersebut.

"Sudah lihat semua kan? Ini pekerjaan besar, kita akan kerjakan satu-satu. Jadi yang pertama tadi, untuk Desa Ulos tadi," kata Jokowi.



Jokowi mengatakan tahun ini akan dimulai penataan yang signifikan terhadap kampung ulos tersebut. Dia ingin Kampung Ulos Hutaraja jadi destinasi favorit yang berkelas.

"Tahun ini dimulai karena memperbaiki, kemudian memindahkan bangunan yang tidak sesuai dengan Desa Ulos tadi, desa adat tadi, sehingga betul-betul menjadi sebuah tempat tujuan wisata yang menurut saya sangat menarik sekali," katanya.

Penataan kampung ulos tersebut akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebab, akan ada beberapa bangunan yang dipindahkan atau direstorasi.

"Nanti mulai rehab rumah, mulai menata kawasan di desa ulos tadi. Saya kira yang paling penting untuk memperbaiki, merestorasi, ada panduan dari Kementerian PU, dari arsitek, sehingga betul-betul menjadi sebuah kawasan yang memang sangat layak dikunjungi. Karena tadi kegiatannya, menurut saya, sangat menarik sekali kegiatan-kegiatan seperti itu," jelasnya.
(jor/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com