detikNews
Selasa 30 Juli 2019, 12:18 WIB

Hasil Uji Labfor: Nunung Aktif Gunakan Sabu 13 Bulan Terakhir

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Hasil Uji Labfor: Nunung Aktif Gunakan Sabu 13 Bulan Terakhir Foto: Dokumentasi 20detik
Jakarta - Polisi telah melakukan pengecekan darah, urine dan rambut terhadap komedian Nunung untuk mengetahui aktivitasnya mengonsumsi narkotika. Hasil tes laboratorium forensik itu menunjukkan bahwa Nunung aktif mengonsumsi narkoba bukan sejak Maret 2019 seperti pengakuannya, melainkan 13 bulan terakhir.

"Dari hasil pemeriksaan kita masih positif (menggunakan sabu) dan kita ketahui penggunaan yang bersangkutan dari rambut minimal 13 bulan yang lalu (menggunakan narkotika) kalau diasumsikan kalau perkembangan rambutnya cepat katakan 1,5 centi bisa dua kali lipat," kata Kabid Narkoba Labfor Bareskrim Polri Kombes Sodiq Pratomo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Labfor Polsi menerima barang bukti dan sampel darah, urine dan rambut Nunung dan suaminya July Jan Sambiran atau Iyan pada tanggal 23 Juli 2019 lalu. Adapun, sampel barang bukti yang diserahkan ke Labfor seberat 0,17 gram.

Sementara Sodiq menyebut sampel darah yang diberikan oleh penyidik sudah tidak dapat dites lagi karena sudah terlalu lama. Namun, dari sampel rambut tersangka Nunung itu, polisi bisa melakukan uji labfor.



"Untuk tes urine, walaupun sudah 4-5 hari terdata kita masih temukan dia positif metampetamin. Dugaan dia pengguna aktif yang sudah lama pakai. Biasanya 2-3 hari kalau dia bukan pengguna aktif nggak ditemukan di urine," kata Sodiq.

Diketahui, Nunung bersama suaminya, Iyan ditangkap polisi di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (19/7). Polisi menyita sabu sisa pakai dari Nunung saat itu, sementara 2 gram sabu yang dibeli dari pemasok, dibuang Nunung ke dalam kloset.

Saat ini polisi telah menangkap 2 pemasok sabu kepada Nunung. Polisi kemudian mengembangkan kasus itu hingga menangkap jaringannya di lapas di Bogor.




Pihak Nunung Masih Tunggu Hasil Assessment:

[Gambas:Video 20detik]




(sam/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com