detikNews
2019/07/29 20:30:30 WIB

Round-Up

Ryamizard Bela Jokowi soal FPI

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ryamizard Bela Jokowi soal FPI Menhan Ryamizard Ryacudu (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu sependapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang Front Pembela Islam (FPI). Ryamizard secara tegas menyatakan siapa pun pihak yang tidak sejalan dengan Pancasila, silakan keluar dari Indonesia.

"Saya kira apa yang disampaikan Presiden (Jokowi) sudah jelas. Siapa pun tidak sejalan dengan ideologi Pancasila, kan sudah clear, nggak usah di sini (Indonesia)," kata Ryamizard di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).


Ilustrasi FPI.Ilustrasi FPI (Ahmad Bil Wahid/detikcom)

Jokowi sebelumnya memang menyebut pelarangan FPI mungkin saja dilakukan jika ormas yang identik dengan Habib Rizieq Syihab itu tidak sejalan dengan ideologi bangsa dan mengancam keamanan NKRI. Pernyataan Jokowi itulah yang juga disepakati Ryamizard.

"Ini negara Pancasila, kok. Cari lagi tempatnya yang nggak ada Pancasila-nya," tegasnya.

Pernyataan soal FPI disampaikan Jokowi saat diwawancarai Associated Press (AP) beberapa waktu lalu. Ketika itu, Jokowi menjelaskan tentang kemungkinan tak memberikan izin ke FPI dalam periode terakhirnya sebagai Presiden RI.




"Jika pemerintah meninjau dari sudut pandang keamanan dan ideologi, menunjukkan bahwa mereka (FPI) tidak sejalan dengan bangsa," ucap Jokowi seperti dilansir AP.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com