detikNews
Senin 29 Juli 2019, 14:35 WIB

Tak Muncul di Pertemuan Jokowi-Prabowo dan Mega-Prabowo, Ini Kata Luhut

Hendra Kusuma - detikNews
Tak Muncul di Pertemuan Jokowi-Prabowo dan Mega-Prabowo, Ini Kata Luhut Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta - Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, tak terlihat dalam dua pertemuan politik penting belakangan ini yaitu pertemuan Jokowi-Prabowo dan Megawati-Prabowo. Padahal selama ini Luhut dikenal sebagai orang dekat Jokowi yang menjadi utusan ke Prabowo. Mengapa?

"Nggak lah. Nggak juga. Kan ngurusin ekonomi lebih bagus," kata Luhut saat diwawacara di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).



Dalam dua pertemuan tersebut, ada sosok Kepala BIN, Budi Gunawan, yang muncul. Apa kata Luhut?

"Ya memang beliau lebih anu, kan bagus," ucapnya.

Luhut pun memastikan tidak ada masalah terkait ketidakhadirannya dalam pertemuan Jokowi-Prabowo dan Mega-Prabowo. "Nggak masalah," tambahnya.


Ketika upaya rekonsiliasi Jokowi-Prabowo diusahakan usai Pilpres 2019 lalu, Jokowi pernah mengirim utusan yang kemudian terungkap bahwa sosoknya adalah Luhut. Luhut juga sempat menelepon Prabowo untuk janjian ketemu, namun akhirnya pertemuan itu ditunda.

Jokowi dan Prabowo saat bertemu / Jokowi dan Prabowo saat bertemu / Foto: Ari Saputra


Saat akhirnya Jokowi dan Prabowo bertemu di MRT, BG tampak mendampingi. Mereka naik MRT bersama lalu makan siang di Senayan. BG juga terlihat ikut hadir ketika Prabowo bertamu ke kediaman Megawati. Soal kehadiran BG di pertemuan Mega-Prabowo itu, PDIP menyebut seluruh lembaga negara memiliki tanggung jawab membangun suasana kondusif pasca-Pemilu 2019.

Pertemuan Megawati dan Prabowo / Pertemuan Megawati dan Prabowo / Foto: Grandyos Zafna


"Sejak awal kan namanya seluruh badan-badan negara itu kan juga punya tanggung jawab pasca-pemilu untuk membangun semua suasana kondusif," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019).



Simak Video "Koalisi Masyarakat Sipil Sebut Rezim Jokowi Tertutup"

[Gambas:Video 20detik]

Tak Muncul di Pertemuan Jokowi-Prabowo dan Mega-Prabowo, Ini Kata Luhut

(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com