detikNews
Senin 29 Juli 2019, 13:20 WIB

Ahmad Fanani Tak Hadiri Panggilan Kedua di Kasus Dana Kemah

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Ahmad Fanani Tak Hadiri Panggilan Kedua di Kasus Dana Kemah Dokumentasi Gedung Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ahmad Fanani kembali tidak memenuhi panggilan polisi berkaitan dengan kasus dugaan korupsi dana apel dan kemah Pemuda Islam 2017. Fanani disebut masih berada di luar kota.

"Pak AhmadFanani tidak dapat hadir," ucapGufron selaku pengacaraFanani saat dimintai konfirmasi wartawan, Senin (29/7/2019).


Gufron mengatakan pemberitahuan ketidakhadiran Fanani telah disampaikan secara resmi melalui surat ke Polda Metro Jaya. Dia juga mengaku menerima tanda terima penyampaian surat itu.

"Sudah disampaikan secara resmi melalui surat (tentang ketidakhadiran Fanani)," kata Gufron.

Fanani sebenarnya hari ini dipanggil Subdit Ditreskrimsus Polda Metro Jaya sebagai tersangka kasus tersebut di atas. Ini merupakan panggilan kedua bagi Fanani setelah sebelumnya mangkir.

Dalam kasus ini, Fanani disangka melanggar Pasal 2 ayat (1) dan/atau Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 3, Pasal 4, dan Pasal 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.


Polisi menduga ada mark-up data keuangan dalam laporan pertanggungjawaban (LPJ) pada penyelenggaraan Apel dan Kemah Pemuda Islam 2017 tersebut. Polisi menyebut dugaan penyimpangan ini baru ditemukan di LPJ Pemuda Muhammadiyah, sedangkan di LPJ GP Ansor tak ditemukan penyimpangan.

PP Pemuda Muhammadiyah juga sempat mengembalikan uang Rp 2 miliar kepada Kemenpora. Namun pihak Kemenpora mengembalikan cek senilai Rp 2 miliar itu dengan alasan tak ditemukan permasalahan dalam kegiatan kemah pemuda berdasarkan LHP BPK.
(sam/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com