Tegangan PLTA Sulewana Hilang, 5 Wilayah di Sulteng Gelap Gulita

Mohammad Qadri - detikNews
Jumat, 26 Jul 2019 22:44 WIB
Lima wilaya di Sulteng gelap gulita. (Mohammad Qadri/detikcom)
Palu - Hampir secara keseluruhan wilayah di Sulawesi Tengah malam ini gelap akibat hilangnya tegangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sulewana, Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Sampai saat ini, pihak PLN belum mengetahui penyebab dan kapan waktu listrik kembali normal.

"Ada (listrik di) lima wilayah di Sulteng tiba-tiba padam total atau blackout, yaitu Kabupaten Poso, Parigi Moutong, Donggala, Sigi, dan Kota Palu. Ini dikarenakan tegangan di PLTA Sulewana hilang, dan tim lapangan saat ini masih mencari lokasi persisnya terjadi kerusakan," ungkap Manajer PLN Palu Abas Saleh saat dimintai konfirmasi, Jumat (26/7/2019).



Pihak PLN belum bisa memastikan kapan aliran listrik kembali berfungsi, sehingga meminta warga Sulawesi Tengah tetap bersabar. Lampu di lima wilayah itu padam secara serentak pada Jumat malam ini sekitar pukul 22.15 Wita.

"Kami mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini dan mengucapkan terima kasih atas pengertian masyarakat sekalian," tuturnya.



Sementara itu, salah seorang warga di hunian sementara (huntara), Mitha Meinansi, mengatakan informasi pemberitahuan atau jadwal pemadaman tidak disampaikan oleh pihak PLN, dan pemadaman yang hingga saat ini masih saja terus terjadi dapat merusak sebagian alat elektronik warga.

"Kami pun sangat berharap listrik bisa kembali berjalan normal dan meminta pihak PLN melakukan imbauan untuk jadwal pemadaman, apalagi waktu yang belum bisa ditentukan," ucap Mitha. (idn/idn)