detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 16:25 WIB

150 HP Disita di Lapas Medan, Ada yang Disembunyikan di Nasi dan Bungkus Mi

Budi Warsito - detikNews
150 HP Disita di Lapas Medan, Ada yang Disembunyikan di Nasi dan Bungkus Mi HP disembunyikan di bungkus nasi. (Ist)
Medan - Sekitar 150 unit ponsel disita petugas Rutan Kelas IIB Labuhan Deli, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Barang sitaan itu merupakan hasil razia yang dilakukan sejak Januari hingga Juli 2019.

Karutan Kelas IIB Labuhan Deli Nimrot Sihotang mengatakan ratusan ponsel itu disita dari para pengunjung yang hendak menjenguk warga binaan. Diduga barang-barang itu akan diselundupkan ke dalam rutan.



"Itu hasil pemeriksaan barang-barang bawaan pengunjung," ujar Karutan Kelas IIB Labuhan Deli Nimrot Sihotang saat dimintai konfirmasi, Rabu (24/7/2019).

Ia menegaskan, dalam melakukan pemeriksaan, petugas dibantu alat X-ray. Selain itu, petugas mengamati gerak-gerik pengunjung.

150 Hp Disita di Lapas Medan, Ada yang Disembunyikan di Nasi dan Bungkus MiHP disembunyikan di bungkus nasi. (Ist)


Selama razia, dia menemukan HP yang disembunyikan di bungkus nasi hingga ditaruh di bungkus mi instan. Pihaknya menegaskan akan melakukan pemeriksaan ketat ke seluruh pengunjung.

"Karena ada yang menyimpan dengan cara diselipkan di kaus kaki. Intinya, kita perketat pemeriksaan," tegasnya.



Dia pun mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan atau mencoba memasukkan barang yang dilarang, seperti ponsel dan narkoba, ke dalam rutan. Apabila kedapatan, akan ada sanksi.

"Untuk petugas, kita telah bentuk Tim Kepatuhan Internal untuk melaksanakan pemeriksaan kepada petugas yang hendak bertugas. Dan telah disediakan loker untuk penitipan alat-alat elektronik bagi petugas," ungkapnya.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com