detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 16:05 WIB

Sosok Putri Ma'ruf Amin yang Siap Berlaga di Pilwalkot Tangsel 2020

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sosok Putri Maruf Amin yang Siap Berlaga di Pilwalkot Tangsel 2020 Putri Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah (Dok. Pribadi)
Jakarta - Putri wakil presiden terpilih 2019-2024 Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, siap maju dalam Pemilihan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 2020. Siti bahkan sudah menyiapkan visi-misi untuk memajukan Tangsel. Siapa sebenarnya Azizah?

Sebagaimana diketahui, Siti Azizah sudah menyatakan kesiapannya maju dalam Pilwalkot Tangsel 2020. Kesiapan itu muncul ketika Siti Azizah mendapatkan dorongan dari masyarakat Tangsel.


"Begini, kan digadang-gadang orang. Tetapi sebagai putra-putri Banten, sekiranya memang masyarakat mendorong, mendukung, ya kita sebagai putri Banten harus siap, siapa pun itu," kata Azizah saat dihubungi, Rabu (24/7/2019).

"Kalau memang dibutuhkan, saya bismillah, insyaallah," tambahnya.

Seperti yang dikutip dari laman Bimasislam Kementerian Agama (Kemenag), Siti Azizah lahir di Jakarta pada 5 September 1972. Dia merupakan putri pasangan KH Ma'ruf Amin dan Hj Siti Huriyah. Ketika menginjak bangku kuliah, dia juga sempat aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Dia menyelesaikan pendidikan S1 hingga S3 di bidang hukum. Dia merupakan doktor hukum lulusan Universitas Krisna Dwipayana Jakarta.

Dia pun memulai karir sebagai PNS di Kemenag. Dia pernah menjabat Kepala Seksi Pembinaan Manajemen Masjid, Subdit Kemasjidan, Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam. Namun kini, putri keempat Ma'ruf Amin ini menjabat Kepala Sub-Direktorat Pembinaan Paham Keagamaan Penanganan Konflik.

Siti Azizah juga punya banyak pengalaman berharga, salah satunya saat ia mewakili Indonesia melakukan promosi halal di Malaysia. Saat itu dia ikut menangani sertifikasi dan registrasi halal serta berkesempatan ikut menghadiri IMT-GT di Selangor, Malaysia, pada 2008 untuk menjelaskan tentang RUU jaminan produk halal ke forum tersebut bersama Kementerian Pertanian dan Badan Standar Nasional.

Lantas, pada 10 Januari 2019, Siti Azizah dipersunting oleh politikus NasDem, M Rapsel Ali. Presiden Jokowi pun sempat menjadi saksi untuk pernikahan mereka.


Simak Juga 'Bocoran Ma'ruf Amin Soal Susunan Kabinet':

[Gambas:Video 20detik]


(rdp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed