detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 15:50 WIB

RI Ucapkan Selamat Terpilihnya Boris Johnson Jadi PM Baru Inggris

Andhika Prasetia - detikNews
RI Ucapkan Selamat Terpilihnya Boris Johnson Jadi PM Baru Inggris Foto: Menlu Retno LP Marsudi. (Andhika-detikcom)
Jakarta - Boris Johnson terpilih menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris menggantikan Theresa Nay yang mengundurkan diri. Menlu RI Retno Marsudi mengucapkan selamat atas terpilihnya Johnson.

"Dari saya dulu ya, belum dari presiden. Saya sudah lapor sama Presiden (Jokowi). Kalau dari saya, karena saya kan berteman dengan Boris, dengan Boris pada saat dia menjadi Menteri Luar Negeri. Jadi pada saat kemarin saya sudah, saya bilang Boris 'Prime Minister, congratulation'," ujar Retno di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/7/2019).



Retno sudah melaporkan terpilihnya Johnson menjadi PM Inggris kepada Presiden Jokowi. Retno belum memastikan apakah Jokowi sudah memberikan ucapan selamat.

"Saya kira hari ini beliau akan keluarkan, karena kan kemarin prosesnya mulai kemudian diterima oleh ratu. Hari ini kan baru akan," kata Retno.

Dalam pemilihan, Johnson meraih 92.153 suara. Sedangkan rivalnya, Menlu Inggris Jeremy Hunt meraih 46.656 suara.



Kemenangan Johnson dalam pemungutan suara itu menjadikannya sebagai ketua Partai Konservatif yang baru dan sekaligus menempatkannya pada kursi PM Inggris. Ia akan dilantik hari ini, waktu setempat.
(dkp/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com