detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 15:22 WIB

Menlu Ungkap Alasan Jokowi Sambut Putra Mahkota Abu Dhabi di Bandara

Andhika Prasetia - detikNews
Menlu Ungkap Alasan Jokowi Sambut Putra Mahkota Abu Dhabi di Bandara Foto: Putra Mahkota Abu Dhabi disambut Jokowi di Bandara Soetta (Andhika Prasetia/detikcom)
Bogor - Saat berkunjung ke Indonesia, Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan disambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Soekarno-Hatta. Ada alasan yang melatarbelakangi Jokowi.

Tidak hanya disambut, Jokowi juga semobil dengan Sheikh Mohamed menuju Istana Bogor untuk pertemuan bilateral. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, Jokowi juga pernah mendapatkan perlakuan serupa oleh Sheikh Mohamed saat berkunjung ke Abu Dhabi tahun 2015.

"Saat kunjungan presiden ke Abu Dhabi tahun 2015, presiden itu dijemput di depan pesawat, oleh Sheikh Mohamed, kemudian dibawa masuk ke mobilnya Sheikh Mohamed, disetirin sendiri kemudian dibawa sampai ke restoran sendiri oleh Sheikh Mohamed," ujar Retno di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/7/2019).



"Jadi di situ presiden merasa sangat dihargai dan saya kira wajar kalau kita memberikan penghargaan kepada Sheikh Mohamed pada saat beliau berkunjung ke sini," imbuh Retno.


Menlu Retno MarsudiMenlu Retno Marsudi Foto: Andhika/detikcom


Nah, rupanya kunjungan terakhir Abu Dhabi sebelum saat ini terjadi puluhan tahun yang lalu dan dilakukan Zayed Al Nahyan yang merupakan ayah Sheikh Mohamed. Retno mengungkapkan, ini merupakan salah satu jamuan terpanjang yang dilakukan Jokowi saat menerima tamu negara.

"Ini (pertemuan) bersejarah karena mereka ke sini setelah 29 tahun. Jadi kunjungan terakhir dilakukan ayahnya. Beliau sangat senang kembali ke Indonesia dan ini juga pertemuan 2 sahabat dekat. Pak Presiden dengan Sheikh Mohamed mempunyai hubungan dekat dan ini juga salah satu pertemuan terpanjang yang dilakukan presiden," jelas Retno.

"Mulai dari airport, di dalam mobil sekitar 1,5 jam dan pembahasan di teras (Istana) lebih dari 1 jam," jelas Retno.


(dkp/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com