detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 13:56 WIB

Komisi III Yakin Pansel Objektif dan Profesional Seleksi Capim KPK

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Komisi III Yakin Pansel Objektif dan Profesional Seleksi Capim KPK Gedung DPR (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 104 orang lolos uji kompetensi capim KPK termasuk di antaranya 9 polisi. Anggota Komisi III DPR RI, Amir Uskara meyakini Pansel KPK telah bekerja secara objektif dan profesional.

"Pansel pasti sudah punya kriteria khusus untuk meloloskan para calon dalam setiap tahapan. Kita percayakan pada anggota pansel tanpa harus membeda-bedakan latar belakang masing-masing calon, apakah dari kepolisian atau latar belakang profesi lain," kata Amir kepada wartawan, Rabu (24/7/2019).



Menurut Amir, Pansel pasti memiliki kriteria khusus dalam pemilihan Capim KPK. Dia pun meyakini semua capim yang lolos seleksi adalah sosok yang berkompeten dan berintegritas.

"Kita berharap yang lolos nantinya bisa mewakili beberapa latar belakang yg menjadi kebutuhan pemberantasan korupsi khususnya pencegahan. Termasuk dari unsur kepolisian," ujarnya.

Sementara, anggota Komisi III Arsul Sani mengatakan pihaknya berharap Pansel KPK terus melakukan proses seleski secara profesional dan melihat semua aspek. Terutama soal integritas. Dia meminta Pansel menilai dari berbagai bukti.

"Terkait soal integritas ini Pansel harus menilainya dari bukti yang diperoleh, bukan dari persepsi yang dikembangkan," kata Arsul.



Sebelumnya, panitia seleksi calon pimpinan (capim) KPK mengumumkan 104 orang yang dinyatakan lolos dari kompetensi, 9 di antaranya berasal dari polisi. Lolosnya 9 polisi itu juga sempat mendapat sorotan dari ICW soal masuknya penegak hukum.

9 nama polisi yang lolos tahap selanjutnya yakni Irjen Antam Novambar, Irjen Dharma Pongrekun, Brigjen M Iswandi Hari, Brigjen Bambang Sri Herwanto, Brigjen Agung Makbul, Irjen Juansih, Brigjen Sri Handayani, Irjen Firli Bahuri dan Irjen Ike Edwin.
(mae/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com