detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 14:00 WIB

Lolos UTUL UGM? Begini Prosedur Daftar Ulangnya

Virgina Maulita Putri - detikNews
Lolos UTUL UGM? Begini Prosedur Daftar Ulangnya Lolos UTUL UGM? Begini Prosedur Daftar Ulangnya Foto: Bagus Kurniawan/detikom
Jakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) baru saja mengumumkan hasil seleksi mahasiswa baru dari jalur ujian tulis (UTUL). Hasil ini diumumkan pada hari Selasa (23/7/2019) malam dan dapat langsung diakses oleh pendaftar lewat situs um.ugm.ac.id.

UTUL sendiri merupakan jalur seleksi masuk UGM yang penilaiannya menggabungkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai UTUL yang diselenggarakan UGM.



Peserta UTUL sendiri mencapai 45.356 peserta dari seluruh Indonesia yang memperebutkan kursi di sejumlah prodi sarjana dan diploma IV di UGM. Ujiannya berlangsung pada tanggal 14 Juli 2019 di kota Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Pekanbaru dan Medan.

Lantas, bagaimana cara daftar ulang bagi peserta yang lolos UTUL UGM? Pertama kalian harus menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk pengisian data.

Setelah itu, registrasi dan unggah dokumen tersebut lewat situs um.ugm.ac.id/admisi. Daftar ulang dibuka mulai tanggal 23 Juli hingga 25 Juli pukul 23.59 WIB.

Jika sampai tenggat waktu yang ditentukan calon mahasiswa tidak melengkapi data atau tidak mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai prosedur, maka dianggap melepas haknya sebagai calon mahasiswa Program Sarjana atau Diploma IV atau Sarjana Terapan UGM tahun akademik 2019/2020.



Tapi, bagi peserta yang tidak lolos seleksi UTUl, UGM masih membuka kesempatan mendaftar di Sekolah Vokasi. Di sini, peserta bisa memilih dua prodi dari program diploma.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 24 Juli hingga 27 Juli 2019. Untuk mendaftar di Sekolah Vokasi, peserta disyaratkan sebelumnya telah mengikuti ujian tulis.

Selain UTUL, sebelumnya UGM juga telah menerima mahasiswa baru dari jalur Penelusuran Bibit Unggul. Sebanyak 1.728 calon mahasiswa baru diterima melalui jalur SNMPTN dan 3.131 mahasiswa lulus jalur SBMPTN.
(vmp/lus)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com