detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 13:47 WIB

Pemprov DKI: Rumah DP Rp 0 Bisa Dihuni Akhir Agustus

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pemprov DKI: Rumah DP Rp 0 Bisa Dihuni Akhir Agustus Ilustrasi rumah DP Rp 0 (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta mengatakan rumah DP Rp 0 di Klapa Village, Jakarta Timur, akan diserahkan kepada penghuni pada akhir Agustus. Saat ini, pembangunan sedang dalam proses akhir.

"Untuk program rumah DP Rp 0 di Klapa Village yang Samawa (Solusi Rumah Warga), ini akan siap diserahterimakan kepada penghuni sekitar pertengahan atau akhir Agustus (2019) nanti," ucap Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kelik lndriyanto kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta (24/7/2019).



Kelik mengatakan pemprov masih menyelesaikan fasilitas penunjang rusun. Tidak perlu waktu lama untuk menyelesaikan semuanya.

"Adapun pembangunan fisik oleh PD Sarana Jaya tinggal penyelesaian sarana dan prasarana pendukung fasilitas publik, antara lain WiFi, taman, ruang ibadah, ruang terbuka, serta parkir motor dan parkir terbatas mobil sesuai ketentuan rusunami," ucap Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera, Dzikran Kurniawan, di lokasi yang sama.



Saat ini, Pemprov sudah menyelesaikan proses seleksi. Dari 2.359 pendaftar, sebanyak 1.790 memenuhi syarat.

Calon penghuni yang lolos seleksi akan diundang untuk mengurus permohonan kredit ke Bank DKI. Mereka diberi waktu selama 10 hari.

"Pemohon memiliki waktu selama 10 hari dari Sabtu, 27 Juli 2019, hingga Minggu, 4 Agustus 2019, untuk memilih unit yang diminati dan melakukan proses pengajuan permohonan kredit program DP 0 rupiah ke Bank DKI," ucap Dzikran.

Setelah itu, Bank DKI akan menentukan apakah pengajuan kredit disetujui atau tidak. Prosesnya, bisa memakan waktu sampai akhir Agustus.

"Setelah konsultasi dengan Bank DKI, bahwa biasanya proses kredit memakan waktu sekitar dua minggu, sehingga estimasi mereka, pada pertengahan atau akhir Agustus 2019, nama-nama yang pengajuan kreditnya disetujui oleh Bank DKI dapat diumumkan, dan akan dapat diadakan acara akad kredit," kata Dzikran.
(aik/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com