detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 11:35 WIB

Pertamina Dukung Wanita Selam Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Selam

Akfa Nasrulhak - detikNews
Pertamina Dukung Wanita Selam Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Selam Foto: Dok Pertamina
Jakarta - Pertamina mendukung upaya Wanita Selam Indonesia (Wasi) untuk mengampanyekan edukasi mengenai pentingnya biota bawah laut Indonesia. Pertamina berharap kegiatan ini akan memberikan manfaat luas kepada masyarakat sekitar.

"Maka, sejalan dengan itu, Pertamina dengan bangga mendukung kegiatan tersebut sebagai salah satu wujud jiwa sosial korporasi terhadap upaya pengembangan dan kepedulian sumberdaya Indonesia," ujar Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatiud Tallulembang dalam keterangan tertulis, Rabu (24/7/2019).


Wasi, yang merupakan organisasi di bawah naungan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), memiliki agenda besar pada 3 Agustus 2019 di Manado, Sulawesi Utara. Agenda tersebut adalah pemecahan 3 rekor dunia, yaitu penyelaman massal bertarget 3.000 penyelam, rantai manusia terpanjang dalam air, dan pembentangan bendera terlebar di dunia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia dan sebagai upaya ikut mempromosikan banyak hal yang berkaitan dengan laut, seperti pariwisata, lingkungan hidup, kelestarian alam, dan olahraga selam.

"Pertamina sangat bangga kepada wanita Indonesia, khususnya mereka yang ikut berpartisipasi dalam upaya pemecahan rekor dunia selam Guinness World Records. Kegiatan yang diinisiasi oleh Wasi ini menunjukkan bahwa wanita Indonesia juga memiliki semangat dan kesempatan yang sama untuk turut berkontribusi mengharumkan nama bangsa serta menggaungkan kelestarian laut Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Wanita Selam Indonesia Tri Tito Karnavian mengatakan Wasi berupaya untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya laut bagi kehidupan. Melalui kerja sama dengan berbagai pihak salah satunya Pertamina, Wasi akan terus berperan aktif dalam mendukung dan mengembangkan program-program pelestarian laut dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian kami sebagai penyelam.

"Wasi juga selalu berusaha untuk melibatkan masyarakat di berbagai kegiatan yang dilakukan sehingga kesadaran mereka untuk menjaga kebersihan dan keindahan laut akan semakin meningkat. Pantai dan laut yang bersih tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sekitar pantai tapi juga membantu pengembangan potensi wisata bahari Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Pertamina bersama Wasi telah mengadakan pengobatan gratis, penanaman pohon mangrove, serta pembersihan pantai sebagai bentuk kepedulian akan lingkungan serta untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan lingkungan yang lebih hijau.


Melalui program corporate sosial responsibility (CSR) yang secara berkelanjutan dilakukan, Pertamina berupaya untuk menjadi perusahaan BUMN yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan.

Beberapa program pelestarian laut lainnya yang diinisiasi Pertamina, antara lain hutan mangrove di Balongan dan Cilacap serta budi daya terumbu karang di Teluk Kabung dan Minangkabau. Sementara khusus di Balikpapan, Pertamina juga melaksanakan program CSR untuk edukasi pentingnya laut berupa edukasi Mangrove di Kawasan Ekowisata Mangrove Margomulyo dan budidaya kepiting soka.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com