detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 11:10 WIB

Pesan JK ke PNS: Jangan Berprinsip 'Kalau Bisa Diperlambat Kenapa Dipercepat'

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pesan JK ke PNS: Jangan Berprinsip Kalau Bisa Diperlambat Kenapa Dipercepat Wapres JK (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan pengarahan kepada calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Istora Senayan. JK mengingatkan tugas utama PNS nantinya adalah melayani dan siap ditugaskan di mana saja.

"Prinsip Anda yang selalu jadi pegangan Anda ialah melayani. Apa tugas Anda? Melayani. Itu tentu berbeda cara melayani, tergantung apa tugas Anda. Seorang guru yang diangkat melayani dengan mendidik generasi muda dengan ikhlas dengan kemampuan baik," kata JK dalam acara bertajuk 'Presidential Lecture 2019' di Istora, Senayan, Jakarta, Rabu (24/7/2019).


JK juga mengingatkan, dalam pelayanan kepada masyarakat, PNS harus mempermudah, bukan mempersulit. Dia meminta PNS saat ini harus mengubah paradigma pelayanan yang selama ini dilihat masyarakat.

"Jangan berprinsip kalau bisa diperlambat kenapa dipercepat. Pokoknya kalau bisa dipercepat," ucapnya.

Selain itu, JK mengingatkan para PNS harus mau ditempatkan di mana saja. Menurutnya, para abdi negara harus siap saat diberi tugas mengabdi di mana pun.

"Tugas itu bukan tugas ringan. Sebagai PNS muda Anda harus siap ditempatkan di mana saja di negeri ini. Itu salah satu tekad pengabdian semua. Bangsa ini bangsa besar. Kita tak punya lagi prinsip di Jawa diatur birokrasinya orang Jawa, di Makassar harus orang Makassar, dan lain-lain," ujarnya.


Terkait dengan etos kerja, JK meminta para PNS tidak berubah menjadi malas karena merasa aman dengan jabatannya. Dia juga meminta para PNS siap dikritik bila kinerjanya tidak memuaskan masyarakat.

"Orang akan leluasa mengkritik orang, Anda harus terima kritik kalau Anda keliru. Apabila Anda tak berhasil, media akan mengkritik Anda semua," jelasnya.


Simak Video "Gagal Jadi PNS karena Disabilitas, Bu Dokter Tempuh Jalur Hukum"

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com