detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 10:45 WIB

Gerindra Sebut Prabowo-Jokowi-Megawati 'Segitiga Emas'

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Gerindra Sebut Prabowo-Jokowi-Megawati Segitiga Emas Prabowo-Megawati-Jokowi (Abdul Rosyid/detikcom)
FOKUS BERITA: Mega-Prabowo Bertemu
Jakarta - Ketum Gerindra Prabowo Subianto akan bertemu dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri siang ini. Partai Gerindra mengungkapkan pertemuan itu merupakan silaturahmi politik di antara dua tokoh bangsa.

"Silaturahmi politik untuk memberi contoh kenegarawanan antara tokoh-tokoh politik. Yang memikirkan persoalan bangsa di atas kepentingan kelompok. Yang mementingkan harmoni ketimbang kepentingan jangka pendek semata," ujar Juru Bicara Partai Gerindra, Miftah N Sabri, kepada wartawan, Rabu (24/7/2019).



Miftah menegaskan pertemuan Prabowo dengan Megawati jauh dari upaya pembagian kursi. Pertemuan itu, kata dia, untuk memberikan contoh sikap kenegarawanan kepada masyarakat.

"Jauh dari upaya bagi-bagi kursi. Lebih kepada upaya menjaga kesetimbangan politik baru, supaya politik kita jauh dari pemaksaan satu pihak atas satu jabatan untuk kemudian menekan pihak lain dengan jabatan politik tersebut. Karena pada prinsipnya jabatan politik adalah untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat," tuturnya.

Di sisi lain, Miftah menyinggung peran Prabowo dan Megawati atas kiprah Jokowi di politik nasional. Menurut dia, Jokowi merupakan buah dari kreasi politik keduanya. Karena itu, pertemuan kali ini juga bisa dimaknai untuk menghasilkan kreasi politik yang baru.

"Prabowo, Jokowi, Megawati adalah segitiga emas yang melahirkan kepemimpinan nasional. Dan Pak Jokowi adalah buah dari political creation Bu Mega dan Pak Prabowo. Jadi kalau ada pertemuan antara Pak Prabowo dan Bu Mega, maka dimaknai itu juga sebagai satu political creation baru," kata Miftah.



Pertemuan Prabowo dengan Megawati akan digelar di kediaman Ketum PDIP itu di Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Megawati bahkan disebut telah menyiapkan masakan spesial untuk menyambut kedatangan mantan pasangannya saat Pilpres 2009 itu.

"Dan persiapan secara khusus. Oleh karena nanti acaranya dengan makan siang bersama. Sehingga menu makan siang pun disiapkan secara khusus. Tadi saya melihat untuk memilih bawang yang dipakai untuk masakan pun, Ibu Mega memilih secara khusus," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7).


JK soal Rencana Pertemuan Jokowi-Mega-Prabowo: Pasti Positif
(mae/imk)
FOKUS BERITA: Mega-Prabowo Bertemu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com