detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 10:46 WIB

Kenangan Mesra Megawati-Prabowo: Masak Bersama sampai Nonton Pencak Silat

Tim detikcom - detikNews
Kenangan Mesra Megawati-Prabowo: Masak Bersama sampai Nonton Pencak Silat Foto: Grandyos Zafna/detikcom
FOKUS BERITA: Mega-Prabowo Bertemu
Jakarta - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri direncanakan bertemu siang ini. Hubungan Megawati-Prabowo, meski sempat pasang-surut, masih terjalin mesra.

Pertemuan kali ini disebut sebagai bagian dari silaturahmi politik di antara kedua tokoh itu. Meskipun begitu, ini bukan pertama kali Prabowo dan Megawati bertemu. Sebelumnya, mereka juga pernah bertemu dalam momen-momen yang menarik.

Kabar ihwal pertemuan Prabowo-Megawati hari ini mulanya diungkapkan Waketum Gerindra Arief Poyuono. Arief Poyuono mengatakan pertemuan antara Prabowo, Megawati, dan Jokowi akan digelar siang hari. Namun dia enggan merinci lokasi pertemuan itu.

"Kalau tidak ada halangan, besok Pak Prabowo, Ibu Mega, dan Kangmas Joko Widodo bertemu jam 12.00," kata Poyuono kepada wartawan, Selasa (23/7).

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga membenarkan kabar soal pertemuan ketum partainya dengan Prabowo. Menurutnya, pertemuan mereka merupakan bagian dari tradisi silaturahmi.

"Ibu Megawati Soekarnoputri memang direncanakan bertemu dengan Pak Prabowo. Pertemuan dalam waktu dekat dan sebagai tradisi silaturahmi yang baik untuk dijalankan para pemimpin," kata Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Selasa (23/7/2019).


Memasak Bersama

Untuk diketahui, Prabowo pernah menjadi bersanding dengan Megawati dalam Pilpres 2009. Megawati menjadi capres, sedangkan Prabowo menjadi cawapresnya. Saat mengisi masa tenang sebelum hari pencoblosan, Prabowo dan Megawati pernah masak bersama pada Selasa (7/7/2009).

Namun mereka harus menerima kekalahan setelah pasangan SBY-Budiono berhasil memperoleh 60 persen suara. Kendati demikian, hubungan mereka masih baik-baik saja.

Perjanjian Batu Tulis

Lantas, masih terkait Pilpres 2009, keduanya pernah bertemu untuk menandatangani perjanjian yang disebut sebagai 'Perjanjian Batu Tulis'. Perjanjian tersebut berisi kesepakatan di antara dua pihak soal kontrak politik mendatang.

Salah satu poin kesepakatan itu adalah Megawati akan mendukung pencalonan Prabowo Subianto sebagai presiden pada Pilpres 2014. Belakangan, Megawati dituding melanggar perjanjian itu saat ia mencalonkan Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden 2014.

Prabowo pun kecewa. Kekecewaan ini sempat diungkapkan Waketum Gerindra Fadli Zon.

"Pak Prabowo mengatakan, 'Saya kecewa karena pemimpin seharusnya 'Sabda Pandita Ratu' atau perkataannya harus bisa dibuktikan,'" kata Fadli, Sabtu (15/3/2014).

Sejak Prabowo mengungkapkan kekecewaan ini, Prabowo-Megawati pecah kongsi. Selanjutnya, Prabowo pun bersaing dengan Jokowi.

Pertemuan di Asian Games 2018

Meskipun Prabowo tidak lagi berada dalam koalisi Megawati, pada 2018 mereka kembali bertemu. Tepatnya pada 29 Agustus 2018, mereka bertemu untuk menonton laga Pencak Silat Asian Games 2018 di TMII. Prabowo hadir dalam kapasitas sebagai Ketum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat).
Kenangan Mesra Megawati-Prabowo: Masak Bersama Sampai Nonton Pencak SilatMegawati menyambut Prabowodi TMII. (dok. Gerindra)


Dalam pertemuan tersebut, Prabowo tampak disambut langsung oleh Megawati. Mereka sempat bercengkerama dan saling menebar senyum. Bahkan, Prabowo sampai langsung mengantarkan Megawati menuju kursi VVIP.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga hadir. Jokowi pun tampak akrab dengan Prabowo saat saling berfoto selfie.

Prabowo yang Suka Nasi Goreng Bikinan Megawati

Megawati pun sempat mengungkit cerita tentang Prabowo yang menyukai nasi goreng buatannya. Cerita ini diungkapkan Megawati pada acara HUT PDIP ke-46 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019).

Megawati mengaku hubungannya dengan Prabowo masih terjalin baik. Megawati pun mengungkapkan cerita orang dekat Prabowo yang memberi tahunya bahwa sang mantan Danjen Kopassus kangen akan nasi goreng buatannya.

"Saya berteman baik dengan Pak Prabowo. Aneh kan, ya? Ketika yang namanya, kok anak buahnya selalu menampilkan hal-hal yang menyudutkan kita. Padahal seorang terdekat Prabowo membisiki saya, 'Pak Prabowo kangen lo Bu sama nasi goreng Ibu.' Kan lebih enak ya," ujar Megawati.

Tonton Video 20Detik: Megawati Siapkan Masakan Khusus Untuk Prabowo

[Gambas:Video 20detik]


(rdp/imk)
FOKUS BERITA: Mega-Prabowo Bertemu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed