detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 01:03 WIB

Menteri Yohana Harap Denpasar-Surabaya Jadi Kota Layak Anak

Ibnu Munsir - detikNews
Menteri Yohana Harap Denpasar-Surabaya Jadi Kota Layak Anak Menteri Yohana Yambise (Foto: dok. Forum Jitu)
Makassar - Sebanyak 247 kabupaten/kota meraih penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Ratusan daerah tersebut mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2019.

Pemberian penghargaan digelar di Hotel Sheraton, Jalan Andi Djemma, Makassar, Selasa (23/7/2019). Menteri PPPA Yohana Yambise langsung memberikan penghargaan tersebut.

"Program kami, pemberdayaan perempuan, 24 indikator harus diimplementasikan kepala daerah, mulai gubernur dan wali kota. Kalau mencapai indikator, kriteria akan mendapat penghargaan," kata Yohana setelah acara pemberian penghargaan.


Acara pemberian penghargaan Kota Layak Anak 2019 Kementerian PPPA.Acara pemberian penghargaan Kota Layak Anak 2019 Kementerian PPPA. (Ibnu Munsir/detikcom)


Yohana menjelaskan 247 daerah ini diberi penghargaan dari berbagai tingkatan, mulai Pratama, Madya, Nindya, Utama, hingga Kota Layak Anak. Namun tak satu pun daerah yang meraih penghargaan Kota Layak Anak

"Pratama indikator dasar. Madya, Nindya, dan (indikator) Utama yang mendapat Denpasar, Surabaya, dan Surakarta. Belum ada satu pun kabupaten/kota Layak Anak di Indonesia. Dan tiga kota ini diharapkan jadi Kota Layak Anak," jelasnya.



Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengapresiasi penghargaan Kota Layak Anak. Kabupaten Luwu Utara sendiri mendapat penghargaan tingkat Madya.

"Perlindungan anak dari kekerasan, eksploitasi, pelecehan, dan gangguan adalah tanggung jawab kita semua. Pemerintah melakukan berbagai upaya agar hak tersebut dapat terwujud secara paripurna, baik dengan melahirkan kebijakan berupa Perda Perlindungan maupun upaya pelibatan seluruh pemangku kepentingan untuk berperan aktif," papar Indah.

Dari 247 daerah, 135 kabupaten/kota meraih penghargaan tingkat Pratama, 86 tingkat Madya, 23 tingkat Nindya, dan 3 tingkat Utama. Selain Denpasar dan Surabaya, satu daerah lagi yang mendapatkan penghargaan tingkat Utama adalah Surakarta.
(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com