detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 22:31 WIB

NasDem-PKB-PPP-Golkar Bertemu Bahas Koalisi, Ini Kata PAN

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
NasDem-PKB-PPP-Golkar Bertemu Bahas Koalisi, Ini Kata PAN Zulkifli Hasan (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem mengadakan pertemuan dengan PKB, PPP, dan Golkar untuk membahas koalisi. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengomentari pertemuan tersebut dengan normatif.

"Saya sendiri kalau yang baik-baik ikut saja," kata Zulhas di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2019).

Terkait kemungkinan bergabung koalisi, Zulhas mengikuti arahan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Dia mengatakan PAN mendoakan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) sukses menjalankan pemerintahannya.





"Saya, Pak Amien, bicara memberi kesempatan itu paling halus untuk Pak Amien ya. Saya katakan kita dukung Pak Jokowi, kita doakan biar sukses. Tujuan partai politik pada akhirnya kan agar pemerintah berhasil, rakyat sejahtera. Semakin adil itu, jadi kita dukung dan saya doakan biar sukses," sebutnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan pertemuan dengan tiga ketum partai lain, yakni PKB, PPP, dan Golkar, pada Senin (22/7) malam. Surya Paloh mengatakan pertemuan ini dilaksanakan guna memperkuat soliditas koalisi.





"Intinya, kami semuanya bersepakat bahwa kehadiran kami sebagai anggota koalisi pengusung pemerintahan Jokowi yang selama ini telah berjalan sedemikian rupa dan memiliki tingkat soliditas yang kuat, kokoh, dan harmonis. Itu patut kami syukuri dan kami pertahankan agar suasana kebatinan kokoh dan soliditas partai pengusung Jokowi ini berlanjut, sekarang, dan ke depan," ujar Paloh saat jumpa pers di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Namun, saat ditanya soal pembahasan kursi pimpinan MPR, Paloh menepis. Paloh memberi sinyal kepada ketiga partai itu untuk memimpin MPR, meski belum resmi adanya pembicaraan mengenai Ketua MPR.

"Apa memang yang menyangkut pembahasan MPR, belum," kata dia.
(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com