Calon Jemaah Haji Kloter 18 Embarkasi Padang Diberangkatkan

Calon Jemaah Haji Kloter 18 Embarkasi Padang Diberangkatkan

Sulthan Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 23 Jul 2019 21:51 WIB
Jemaah haji kloter 18 Embarkasi Padang (Sulthan Jeka Kampai/detikcom)
Jemaah haji kloter 18 Embarkasi Padang (Sulthan Jeka Kampai/detikcom)
Padang - Sebanyak 7.042 calon jemaah haji Embarkasi Padang dari Sumbar dan Bengkulu telah diberangkatkan menuju Tanah Suci. Kloter terakhir dilepas oleh anggota DPD RI Emma Yohana.

Pelepasan kloter terakhir calon jemaah haji ini berlangsung di aula Asrama Haji Padang, Selasa (23/7/2019). Kloter terakhir itu ialah kloter 18, yang berjumlah 375 jemaah dari 14 kabupaten dan kota di Sumatera Barat, seperti Sijunjung, Pasaman Barat, 50 Kota, dan Tanah Datar. Mereka diterbangkan dari Bandara Internasional Minangkabau pada Selasa malam.



Pada kesempatan itu, Emma mengingatkan jemaah untuk mengurangi selfie dan 'tawaf kota' atau jalan-jalan sambil belanja di Tanah Suci.

"Tanah Suci tempat ibadah. Jadi sebaiknya perbanyak ibadah, bukan fokus selfie atau tawaf kota saja," kata Emma mengingatkan.

Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kementerian Agama Sumatera Barat Efrizal sebelumnya menyebutkan, pada musim haji 2019 ini, Embarkasi Padang memberangkatkan 7.042 calon haji dari Provinsi Sumatera Barat dan Bengkulu. Jemaah terbagi dalam 18 kloter.

"Secara rinci, total jemaah haji dari Sumatera Barat 5.027 orang, sementara dari Bengkulu 1.940 orang. Sedangkan sisanya, yakni 80 orang, merupakan petugas kloter," kata dia.



Dibanding tahun sebelumnya, jumlah jemaah haji dari Embarkasi Padang mengalami peningkatan. Tahun 2018, total jemaah yang bertolak dari Embarkasi Padang tercatat 6.349 orang. (idn/idn)