ADVERTISEMENT
detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 21:46 WIB

MenPAN-RB Bertemu Ketua DPR, Bahas Perampingan Birokrasi

Tsarina Maharani - detikNews
MenPAN-RB Bertemu Ketua DPR, Bahas Perampingan Birokrasi Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Menteri PAN-RB Syafruddin (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reformasi total birokrasi serta memangkas lembaga nonstruktural yang tidak efektif.

Hal ini disampaikan Bamsoet dalam pertemuan dengan Menteri PAN-RB Syafruddin. Pertemuan digelar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Dalam pertemuan, Syafruddin melaporkan kepada Bamsoet, pihaknya telah menghapus 23 lembaga dalam kurun 3 tahun belakangan.





"Dalam pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla 2014-2019, sebenarnya pemerintahan sudah lakukan langkah-langkah progresif. Itu ditandai dengan ada 23 lembaga yang sudah diakuisisi atau dihilangkan dalam tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK," kata Syafruddin.

Kendati demikian, masih banyak PR yang harus dikerjakan pemerintah terkait perampingan lembaga/badan. Menurut Syafruddin, masih ditemukan ketidakefektifan bekerja dalam sejumlah lembaga.

Karena itu, Syafruddin meminta DPR turut mendukung kebijakan pemerintah tersebut. Sebab, lembaga/badan lahir dari undang-undang yang melalui proses legislasi di DPR.

"Pada periode kedua pemerintahannya menginginkan betul-betul ada pemerintahan yang efektif, pemerintahan yang efisien, sehingga semua langkah pemerintah, semua langkah negara, untuk melayani rakyat itu bisa langsung dieksekusi," ucapnya.

"Karena itu, pada hari ini saya datang menghadap Ketua DPR karena semua lembaga itu dilahirkan berdasarkan undang-undang. Oleh karenanya, tentu kami pemerintah akan segera mengevaluasi itu, mensinkronkan itu semuanya, tentu peranan besar DPR untuk mewujudkan cita-cita ini," imbuh Syafruddin.

Bamsoet pun menyatakan mendukung langkah pemerintah dalam hal reformasi birokrasi. Ia berharap pemerintah segera menyampaikan kebutuhan peraturan atau UU guna menunjang program tersebut.

"Kami di DPR menyambut dengan baik apa yang disampaikan oleh beliau dan kita akan menyiapkan langkah-langkah dalam rangka mewujudkan suatu birokrasi yang efisien dan efektif," kata Bamsoet.
(tsa/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed