detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 17:31 WIB

Pemalak Sopir Truk di Palembang yang Tewas Ditembak Target Polisi

Raja Adil Siregar - detikNews
Pemalak Sopir Truk di Palembang yang Tewas Ditembak Target Polisi Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi (Raja/detikcom)
Palembang - Pemalak sopir truk simpang 4 Macan Lidungan Palembang, Sumatera Selatan, Ridwan, tewas ditembak Brigadir IP. Polisi pun memastikan Ridwan adalah buron.

"Untuk permasalahan di simpang Macan Lidungan itu benar penembaknya adalah anggota, Brigpol IP," terang Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi saat ditemui di Mapolda, Selasa (23/7/2019).

Sebelum penembakan terjadi, Brigpol IP dan Ridwan disebut sempat cekcok dan diancam beberapa orang. Brigpol IP pun akhirnya menembak Ridwan.

"Brigpol IP ini diancam beberapa orang yang diduga pemalak. Karena terdesak, dia melakukan penembakan. Alasan ya karena terdesak diancam sajam," imbuh Supriadi.



Selain dugaan pemalakan, Supriadi menyebut Ridwan tercatat sebagai buron kasus pencurian dengan kekerasan atau curas. Hal ini dibuktikan dengan adanya laporan polisi di Polsek Ilir Barat 1.

"Dia (Ridwan) ini juga merupakan pelaku perampasan satu unit HP sesuai laporan polisi di Polsek Ilir Barat 1. HP sopir truk dirampas oleh pelaku berjumlah 3 orang dan menjadi TO (target operasi) Subdit 3 Jatanras," kata Supriadi tegas.

"Kalau untuk Brigpol IP sekarang masih diperiksa di Propam Polresta Palembang terkait kronologi kejadian. Sebab, senjata api yang digunakan itu senjata dinas dia di Sabhara Polres OKI," katanya lagi.



Terakhir, Supriadi mengimbau seluruh sopir yang jadi korban pemalakan melapor. Dia meminta masyarakat juga ikut berperan aktif memberi informasi jika ada tindak pidana.

Sementara itu, Polda Sumsel dan Polresta Palembang sudah berkoordinasi untuk melakukan penindakan. Apakah itu di Macan Lidungan, Kertapati, simpang 4 bandara, atau lokasi rawan lainnya.

Diberitakan sebelumnya, penembakan terjadi di simpang 4 Macan Lidungan, Ilir Barat I, Palembang, sekitar pukul 11.30 WIB. Penembakan terjadi saat kondisi jalan di daerah itu tengah padat dan macet.

Pascapenembakan, sopir truk langsung tancap gas ke arah Jembatan Musi 2. Terakhir, si penembak diketahui Brigpol IP, anggota di Polres Ogan Komering Ilir.
(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com