detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 16:42 WIB

Operasi Lancar, Bayi Kembar Siam Adam-Malik Berhasil Dipisahkan

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Operasi Lancar, Bayi Kembar Siam Adam-Malik Berhasil Dipisahkan Bayi Kembar Siam Adam-Malik Berhasil Dipisahkan (Foto: Istimewa)
Medan - Tim dokter Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik berhasil memisahkan kembar siam Adam dan Malik. Operasi pemisahan itu berlangsung selama empat jam.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Adam Malik, Zainal Safri, menyatakan proses operasi berlangsung baik. Tidak ada kendala dalam pelaksanaan operasi ini. Tim dokter yang berjumlah sekitar 30 orang dan didukung peralatan yang lengkap berhasil memisahkan Adam dan Malik pada pukul 11.52 WIB.

"Seterusnya Adam dan Malik masih akan menjalani perawatan hingga diperbolehkan pulang," kata Zainal kepada wartawan di RSUP Adam Malik, Jalan Bungalaw, Medan, Selasa (23/7/2019).



Sementara itu, Ketua Tim Dokter Pemisahan Kembar Siam Adam dan Malik, Prof Guslihan Dasa Tjipta, menyatakan, pasca-operasi tadi, kondisi Adam dan Malik stabil. Dalam tiga hari ini, evaluasi akan terus dilakukan untuk memastikan kondisi keduanya tetap stabil.

"Evaluasi akan dilakukan, dalam tiga hari ini," kata Guslihan.



Disebutkan Guslihan, jika kondisi normal dan nutrisi keduanya tetap baik, dalam satu atau dua bulan keduanya kemungkinan sudah diizinkan pulang. Kendati begitu, akan ada pemeriksaan lanjutan terhadap kondisi keduanya.

Operasi pemisahan Adam dan Malik berlangsung di gedung Pusat Jantung Terpadu. Setelah proses operasi selesai, keduanya kemudian ditangani tim pediatric intensive care.
(rul/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com