detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 13:28 WIB

Sopir Truk Minta Polisi Tangkap Pemalak di Simpang Macan Palembang

Raja Adil Siregar - detikNews
Sopir Truk Minta Polisi Tangkap Pemalak di Simpang Macan Palembang TKP Penembakan di Lokasi Macan Lidungan (Raja/detikcom)
Palembang - Pelaku pemalakan sopir truk M Ridwan (35) tewas setelah ditembak saat beraksi. Para sopir truk menyebut daerah itu memang rawan pungli dan pemalakan.

"Kalau kami sopir truk sudah nggak bisa ngomong lagi, lokasi itu memang rawan. Pungli atau pemalakan itu sudah sering," kata seorang sopir truk, Suprianto, ketika dimintai konfirmasi, Selasa (23/7/2019).

Suprianto menyebutkan para pemalak kerap beraksi di simpang Macan Lindungan, Ilir Barat I, dari pagi sampai malam hari. Bahkan pelaku disebut selalu bergerombol lebih dari tiga orang.


"Pelaku lebih dari tiga orang biasanya, pada bawa senjata tajam. Mereka ini berjualan sambil modus meras, malak. Kalau tidak dikasih barang dirampas dan kaca mobil dipecahkan," katanya.

Selain simpang Macan Lindungan, sopir truk menyebut ada juga beberapa lokasi di Palembang rawan pemalakan. Seperti simpang Soekarno-Hatta, Kertapati, dan simpang arah bandara.

Hanya, lokasi pemalakan yang rutin dan kerap melakukan pengancaman ada di dua lokasi, yakni Macan Lidungan dan Kertapati.

"Kalau lokasi sering terjadi pungli sama pemalakan banyak, tetapi yang rutin itu ya di Kertapati dan Macan Lidungan lah," katanya tegas.


Sebagai sopir, Suprianto meminta polisi menindak tegas para pelaku pemalakan dan pungli sopir truk di sepanjang jalan di Sumatera Selatan.

"Kami minta semua pelaku pungli untuk ditindak tegas. Karena itu, sudah sangat resah, minta juga kadang mulai dari Rp 50 sampai ratusan ribu," katanya.

Diberitakan sebelumnya, penembakan terjadi di simpang 4 Macan Lidungan, Ilir Barat I, Palembang, sekitar pukul 11.30 WIB. Penembakan terjadi saat kondisi jalanan di daerah itu tengah padat dan macet.

Pascapenembakan, sopir truk langsung tancap gas ke arah Jembatan Musi 2. Terakhir si penembak diketahui Brigpol IP, anggota di Polres Ogan Komering Ilir.
(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com