detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 13:09 WIB

Warga Harap Jembatan di Tegal Alur Dibangun Ulang Secepatnya: Jalur Hidup

Rolando Fransiscus - detikNews
Warga Harap Jembatan di Tegal Alur Dibangun Ulang Secepatnya: Jalur Hidup Foto: Jembatan di Tegal Alur Jakbar amblas. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Warga sekitar jembatan di Jalan Kamal Raya, Tegal Alur, Jakarta Barat yang amblas mengapresiasi langkah Dinas Bina Marga DKI Jakarta yang akan membangun ulang jembatan tersebut. Warga pun berharap pembangunan ulang itu secepatnya direalisasikan.

"Ya kita nggak masalah sih, tergantung pemerintahnya aja sih. Kalau mau dibongkar ya bagus, kalau mau dibagusin ya bagus. Cuma kalau bisa secepatnya, kasihan yang pejalan kaki doang. Kalau motorkan lewat bisa diakalin, pejalan kaki lebih ribet dibanding motor, soalnya naik trotoar jalannya," ujar salah seorang warga, Yudi saat di temui di lokasi, Selasa (23/7/2019).



Yudi mengatakan jembatan di Tegal Alur itu merupakan jalur hidup masyarakat, khususnya warga sekitar. Apalagi, jembatan itu menghubungan Cengkareng-Rawa Bokor hingga bandara.

"Iya (penting), soalnya ini kalau dibilang ini jalur hidup bangetlah. Semua lari ke sini dari mana, dari Bandara (Soekarno-Hatta)," katanya.

Dia menjelaskan, amblasnya jembatan di Tegal Alur memang tak terjadi secara tiba-tiba. Jembatan itu rusak secara perlahan dan kerap dilakukan penambalan oleh warga.

"Kemarin kan tengah-tengahnya (jembatan) sudah amblas sedikit, ditambel, ditambel kiri-kanan dari ujung ke ujung sudah retak, ditambel lagi. Kemarin mau ditambel, sudah nggak bisa, karena sudah terlalu amblas banget tengahnya," tuturnya.

"Dari awal sih sudah lama, cuma karena ditambelin terus, sekarang sudah parah, nggak bisa (ditambal lagi). Awalnya nggak kayak gini," imbuh Yudi.



Sebelumnya, Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan membangun ulang jembatan di Jalan Kamal Raya, Tegal Alur, Jakarta Barat, yang amblas. Jembatan itu mengalami masalah pada konstruksi bangunannya.

"Jembatan Risma. Jadi kita lagi cek strukturnya. Kelihatannya harus rehab total," ucap Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, saat dihubungi, Selasa (23/7).
(mae/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com