detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 12:12 WIB

21 RS di Banten Direkomendasikan Kemenkes Turun Kelas, Gubernur Protes

Bahtiar Rifa'i - detikNews
21 RS di Banten Direkomendasikan Kemenkes Turun Kelas, Gubernur Protes Gubernur Banten Wahidin Halim. (Bahtiar/detikcom)
Serang - Sebanyak 21 rumah sakit di 8 kabupaten kota se-Banten direkomendasikan turun kelas atau tipe oleh Kementerian Kesehatan. Termasuk rumah sakit milik pemerintah daerah, seperti RSUD Banten dan RS dr Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang.

RSUD Banten dari rumah sakit tipe B turun ke C, RSDP dari tipe B ke C, RSUD Tangerang Selatan dari C ke D, dan RSUD dr Adjidarmo Lebak dari B ke C. Sisanya, penurunan tipe juga direkomendasikan ke rumah sakit swasta dan milik BUMN.

"Itu yang kita protes, melakukan gugatan ke Kemenkes. Ketika B itu sudah kita penuhi angka dokter spesialis dan 6 polinya. Tapi tiba-tiba kenapa diturunkan tingkatnya," kata Gubernur Wahidin Halim saat dimintai konfirmasi wartawan di Serang, Banten, Selasa (23/7/2019).



Pihak pemda mempertanyakan rekomendasi oleh Kemenkes tersebut. Apakah ini terkait dengan pelayanan BPJS di tiap rumah sakit.

"Ini yang kita coba pertanyakan," tambahnya.

Wahidin menilai rekomendasi penurunan kelas itu kontraproduktif ketika tiap rumah sakit ingin meningkatkan kualitas layanan. Pihaknya sudah mengirimkan proposal pertanyaan kepada Kemenkes mengenai rekomendasi tersebut.

"Jadi kan ini ironis. Makanya saya tugaskan Sekda koordinasi melakukan proposal pertanyaan kenapa (rumah sakit) Banten diturunkan peringkatnya," pungkasnya.
(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com