detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 11:23 WIB

Hakim MK Arief Hidayat 'Protes' Dipanggil Ketua: Itu 2 Tahun Lalu

Zunita Putri - detikNews
Hakim MK Arief Hidayat Protes Dipanggil Ketua: Itu 2 Tahun Lalu Hakim konstitusi Arief Hidayat (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Suasana di ruang sidang Mahkamah Konstitusi (MK) panel I mencair saat hakim anggota MK Arief Hidayat dipanggil 'Pak Ketua'. Arief disebut 'Pak Ketua' oleh salah satu saksi dari KPU, Ahmad Said.

Arief diketahui sedang menangani perkara sengketa Pileg Partai Hanura di Bangkalan, Jawa Timur. Kemudian Arief memeriksa Ahmad Sahid selaku PPK Kecamatan Kokop, Jawa Timur, yang dihadirkan oleh KPU.




Sahid saat itu diminta Arief untuk menjelaskan sejauh mana perkara ini diketahui olehnya. Kemudian, Arief juga mencari tahu siapa-siapa saja saksi yang tanda tangan di TPS, namun Sahid mengaku lupa.

"Loh, nggak ingat? Ingat nggak?" tanya Arief di MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2019).

Sahid pun langsung bergegas mencari kertas untuk melihat data siapa-siapa saja saksi yang tanda tangani rekapitulasi suara. Sahid juga memanggil Arief 'Pak Ketua'.

"Sebentar Pak Ketua (sambil mencari data)," kata Sahid.

Mendengar sebutan 'Pak Ketua', Arief langsung meminta Sahid untuk berhenti. Dia meminta Sahid menyebutnya Arief saja.




"Ya, tapi jangan Pak Ketua, saya itu, saya itu anggota kok, kalau ketua itu 2 tahun yang lalu, saya ketua haha," ucap Arief.

"Sekarang sudah nggak ketua saya, iya. Ya kalau pak mantan, mantan petinggi, benar. Dipanggil Pak Arief nggak apa, sama aja, saya temen kok," imbuhnya.

Mendengar ucapan Arief, peserta ruang sidang MK pun tertawa. Diketahui, MK hari ini menggelar pemeriksaan 22 perkara. Pemeriksaan saksi dibagi menjadi tiga panel.
(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com