detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 10:57 WIB

4 Pengamen Korban Salah Tangkap Minta Perlindungan ke LPSK

Yulida Medistiara - detikNews
4 Pengamen Korban Salah Tangkap Minta Perlindungan ke LPSK Empat pengamen salah tangkap gugat ganti rugi. (lamhot/detikcom)
Jakarta - Pengacara 4 pengamen Cipulir, Oky Wiratama, mengajukan surat perlindungan terhadap kliennya ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Empat pengamen itu sedang menjalani sidang praperadilan gugatan ganti rugi di PN Jaksel. Permintaan perlindungan itu untuk mencegah adanya ancaman kepada para pengamen.

"Selama persidangan kami meminta ke LPSK, baru menyurati. Belum ada perlindungan khusus," kata Oky di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2019).

Oky mengatakan surat yang ditujukan ke LPSK itu baru dikirimkan kemarin. Meski begitu, dia mengatakan hingga kini tiap korban salah tangkap belum mendapatkan ancaman.

"Korban kan wajib dilindungi, apalagi dalam proses persidangan. Apalagi klien kami kan menuntut ganti rugi yang mana mereka dulunya adalah korban. Jadi ada kewajiban minimal kita notice ke LPSK untuk supaya nanti kalau terjadi apa-apa LPSK bisa lindungi," sambungnya.

Ia menyebut sebelumnya tiap korban salah tangkap kerap mendapat penyiksaan sehingga dia khawatir selama jalannya sidang, korban mendapat kejadian berulang. Oky mengaku para korban juga pernah bertemu dengan penyidik selama persidangan, tetapi dia mengaku belum tahu apa yang disampaikan.

"Takutnya berulang. Iya kita notice (ke LPSK) aja dulu walau pun belum ada ancaman ya," ujar Oky.

Diketahui, empat pengamen Cipulir korban salah tangkap mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Keempat pengamen itu minta gugatan ganti rugi dengan total Rp 750,9 juta.

Keempat pengamen korban salah tangkap itu adalah Fikri, Fatahillah, Ucok, dan Pau. Mereka menggugat Kapolda Metro Jaya, Kajati DKI Jakarta, dan Menteri Keuangan RI untuk meminta ganti rugi karena menjadi korban salah tangkap.
(yld/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com