detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 09:11 WIB

Kembar Siam Adam Malik Jalani Operasi Pemisahan Hari Ini

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Kembar Siam Adam Malik Jalani Operasi Pemisahan Hari Ini Bayi kembar siam Adam dan Malik. (Khairul Ikhwan Damanik/detikcom)
Medan - Kembar siam Adam dan Malik menjalani operasi pemisahan, Selasa (23/7/2019) hari ini. Prosesnya berlangsung di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik, Medan, Sumatera Utara.

Kepala Sub Bagian Humas RSUP Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak menyatakan, tim dokter sudah bersiap untuk melaksanakan proses operasi.

"Persiapan dimulai sejak jam tujuh pagi," kata Rosario kepada wartawan di RSUP Adam Malik, Jalan Bungalaw, Medan.



Disebutkan Rosario, demi kelancaran operasi, manajemen rumah sakit dan tim dokter sepakat tidak ada liputan di sekitar ruang operasi selama operasi berlangsung.

"Konferensi pers kemungkinan besar baru akan kita adakan pada H+1," sambung Rosario.

Dalam keterangan sebelumnya, tim dokter yang dipimpin Guslihan Dasa Tjipta menyatakan, kembar siam yang dempet perut berusia tujuh bulan ini tumbuh normal dengan berat badan 17 kg. Bagian tubuh yang lengket, ada di perut bagian atas. Panjangnya sekitar 4,2 sentimeter.



Berdasarkan hasil terakhir foto CT Scan 3 Dimensi, terlihat hati Adam dan Malik menempel, bukan menyatu. Selain itu terlihat ada pembuluh darah Adam yang menyeberang ke Malik.

Tim dokter yang berasal dari berbagai disiplin keilmuan, diperkirakan jumlahnya mencapai 50 orang lebih. Sementara proses pemisahan diperkirakan akan berlangsung hingga lima jam.


(rul/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com