detikNews
2019/07/23 07:19:06 WIB

Round-Up

Yang Perlu Diketahui dari Tim Elite Koopssus Bentukan Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 2
Yang Perlu Diketahui dari Tim Elite Koopssus Bentukan Jokowi Ilustrasi Pasukan TNI (Grandyos Zafna/detikcom)


Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardhani menyebutkan Koopssus TNI mengkoordinasikan 3 pasukan elite dari tiap matra. Koopssus TNI menyatukan 3 satuan elite tersebut untuk melakukan operasi bersama.

Alur komandonya adalah misi khusus ini atas perintah presiden kepada panglima TNI dan panglima TNI memerintahkan kepada komandan Koopssus.

"Dulu tahun 2015 Pak Moeldoko (Kepala Staf Kepresidenan saat ini), saat itu sebagai Panglima TNI, sudah memulai dengan Koopssusgab. Koopssus ini mengoordinasikan satuan elite TNI, yaitu Den-81 Kopassus, Den-Jaka Marinir, dan Sat-Bravo Paskhas," ujar Jelaswari saat dimintai konfirmasi, Minggu (21/7) malam.


Dia memastikan tidak ada tumpang-tindih fungsi dan wewenang Koopssus dengan satuan yang sudah ada di TNI. "Tidak ada, ini semacam operasi bersama untuk misi khusus," katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Sisriadi mengatakan unsur markas komando dan pelayanan Koopssus akan disusun. Dankoopssus akan diisi oleh pejabat tinggi bintang 2.

"Dalam organisasi itu ada unsur markas komando, unsur pelayanan dan unsur pelaksana. Unsur markas komando dan unsur pelayanan akan disusun sebagai organisasi yang bersifat permanen," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Sisriadi lewat pesan singkat, Minggu (21/7/2019) malam.


"Sedangkan unsur pelaksananya bersifat non-permanen, artinya mereka ditugaskan oleh angkatan masing-masing (TNI AD, TNI AL dan TNI AU) dan akan dirotasi secara periodik, sesuai siklus pembinaan kemampuan yang berlaku di Angkatan," sambungnya.
(idn/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com