detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 03:44 WIB

KBRI Berlin Peringati 25 Tahun Kerja Sama Sister City Jakarta-Berlin

Ibnu Hariyanto - detikNews
KBRI Berlin Peringati 25 Tahun Kerja Sama Sister City Jakarta-Berlin KBRI Berlin memperingati 25 tahun kerja sama Sister City Jakarta-Berlin. (Foto: Dok. KBRI Berlin)
Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Berlin mengelar acara peringatan 25 tahun kerja sama Sister City Jakarta-Berlin. Sejumlah pagelaran seni turut memeriahkan acara tersebut.

Acara itu digelar sejak Rabu (19/7/2019) di hotel Ellington, Berlin. Perayaan peringatan 25 tahun kerja sama Sister City, Jakarta-Berlin, diawali dengan ekstravaganza pertunjukan musik, pergelaran budaya Betawi, dan fashion show. Kolaborasi penyanyi jazz ternama asal Indonesia, Syaharani, dengan penyanyi jazz dari California, Craig Burton, menjadi salah satu sajian di acara ekstravaganza itu.


Selain menampilkan pertunjukan musik jazz, acara tersebut dimeriahkan oleh kesenian asli Betawi. Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Hari Wibowo, yang memimpin tim kesenian Jakarta, menyebutkan bahwa pemerintah DKI Jakarta telah menyiapkan paket pertunjukan lengkap acara itu.

"Kami sengaja datangkan langsung dari Jakarta, para artis, penari, desainer, dan juga chef untuk pertunjukan di Berlin kali ini. Jadi tidak hanya musik jazz tapi nanti juga akan ada tarian dan fashion show hasil karya tiga desainer terkenal di Jakarta", ujar Hari.

Kemudian hari kedua peringatan 25 tahun kerja sama Sister City, Jakarta-Berlin pada Jumat, 19 Juli 2019, dimeriahkan oleh parade busana kain tradisional Indonesia dari tiga desainer asal Indonesia, Merdi Sihombing, Novita Yunus, dan Linda. Hasil karya mereka itu diperagakan oleh sekitar 20 model Jerman dan disaksikan sekitar 600 orang penonton yang memadati gedung Classic Remis, Berlin.

KBRI Berlin Peringati 25 Tahun Kerja sama Sister City Jakarta-BerlinFoto: Dok. KBRI Berlin


Selain pertunjukan oleh para model, malam Resepsi Jakarta Berlin dimeriahkan dengan musik jazz oleh penyanyi Syaharani, Craig Burton, dengan music director Trias Fajar Anugrah. Ada pula pertunjukan senam akrobatik dari Luzie Marschke dan balet artistik oleh Nils Freyer. Beberapa tarian tradisional juga ditampilkan oleh sanggar tari D Jakfaro Entertainment Jakarta dan Lenggang Pertiwi Berlin. Acara pertunjukan di resepsi ditutup dengan lagu 'Tanah Air' oleh Syaharani dan para pengisi cara malam itu.

Acara resepsi itu dibuka oleh Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno. Sejumlah pejabat pemerintah Kota Berlin serta duta besar negara sahabat dan beberapa wakil dari kedutaan besar asing di Berlin turut hadir. Dalam sambutannya, Dubes Oegroseno mengungkapkan bahwa resepsi ini adalah puncak dari peringatan 25 tahun kerja sama Kota Kembar Jakarta-Berlin yang jatuh pada April 2019.

"Rangkaian kegiatan peringatan Sister City ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2018 lalu. Kegiatannya sangat banyak dan multi aspek. Mulai dari pertemuan Start Up, pengiriman pelatih dari Berlin untuk Tim Sepak Bola Jakarta. Pengiriman tenaga ahli dari Berlin untuk magang di Pemerintah DKI terkait dengan Smart City. Bulan lalu tim sepak
bola U-17 Jakarta juga berlaga di Berlin dan jadi juara ketiga" ungkap Dubes Oegroseno.
(ibh/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com