detikNews
Senin 22 Juli 2019, 23:36 WIB

Antisipasi Karhutla, 7.560 Personel Gabungan Siaga di 5 Provinsi

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Antisipasi Karhutla, 7.560 Personel Gabungan Siaga di 5 Provinsi Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono ikut memadamkan kebakaran lahan di Kabupaten Kubu Raya (Foto: dok. Polda Kalbar)
Jakarta - Lima provinsi sudah menyatakan status siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sebanyak 1.512 personel gabungan dikerahkan di tiap provinsi untuk mencegah terjadinya karhutla.

"Tadi per lokasi 1.512. Ada 1.000 dari TNI, ada 200 dari Polri, dan sisanya dari masyarakat. Nanti kita merekrut juga nanti dari masyarakat untuk membantu tim gabungan tadi untuk melakukan usaha-usaha pencegahan. Ada sosialisasi, ada untuk keliling, mencegah, jangan sampai mereka membakar. Jadi intinya mencegah jangan sampai terjadi kebakaran," kata Plh Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo di Graha BNPB, Jalan Pramuka No 38, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Senin (22/7/2019).


Saat ini sudah ada lima provinsi yang menyatakan siaga karhutla, sehingga total ada 7.560 personel gabungan yang disiagakan di kelima provinsi tersebut.

"Sudah ada di Riau, Sumatera Selatan, sudah ada di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Masing-masing 1.512, pasukan gabungan ya, tidak semuanya TNI-Polri, tapi ada dari BNPB, BPBD, masyarakat," jelasnya.


Agus menjelaskan metode BNPB dalam menangani karhutla, pencegahan jadi hal yang diutamakan.

"Jadi ini kita mencegah dulu, jangan sampai kita respons karena amanat Undang-Undang 24/2007 kan memang di pencegahannya. Jadi Pak Doni (Kepala BNPB Doni Monardo) ini kebijakannya untuk mencegah dulu, jangan sampai kebobolan kita," ujar Agus kepada wartawan.


Diprediksi puncak musim kemarau akan terjadi pada Agustus-September. BNPB menyatakan punya anggaran Dana Siap Pakai, yang bisa dipakai sesuai kebutuhan, salah satunya untuk teknologi modifikasi cuaca (TMC), yaitu hujan buatan. Dalam penanganan karhutla, helikopter untuk water bombing juga disiapkan.
(jbr/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com