detikNews
Senin 22 Juli 2019, 22:48 WIB

Surya Paloh-Airlangga-Cak Imin-Suharso Bertemu, Ini yang Dibahas

Eva Safitri - detikNews
Surya Paloh-Airlangga-Cak Imin-Suharso Bertemu, Ini yang Dibahas Ketum parpol koalisi Jokowi (Eva/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan pertemuan dengan tiga ketum partai lain, yakni PKB, PPP, dan Golkar. Surya Paloh mengatakan pertemuan ini guna memperkuat soliditas koalisi.

"Intinya, kami semuanya bersepakat bahwa kehadiran kami sebagai anggota koalisi pengusung pemerintahan jokowi yang selama ini telah berjalan sedemikian rupa dan memiliki tingkat soliditas yang kuat, kokoh dan harmoni. Itu patut kami syukuri dan kami pertahankan agar suasana kebatinan kokoh dan soliditas partai pengusung Jokowi ini berlanjut, sekarang, dan ke depan," ujarnya saat jumpa pers di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).



Ketum Golkar Airlangga Hartarto menambahkan pertemuan ini akan digelar rutin untuk membangun komunikasi antarpartai politik sekaligus membangun komitmen untuk tetap solid mendukung Jokowi lima tahun ke depan.

"Pertama tentunya kesempatan ini, selain silaturahmi, ulang tahun, tentu komunikasi antarpartai koalisi Pak Presiden Jokowi bahwa kami akan mengadakan forum silaturahmi ini secara bergiliran, jadi di partai yang lain, dan kebetulan karena Bang Surya senior dan ulang tahun, kami kumpul di sini," ucapnya.

"Kemudian kedua, ini juga merupakan komitmen kami bahwa kami mendukung pemerintahan Pak Jokowi lima tahun ke depan dan koalisi ini solid, bulat, dan konsisten dan kemudian juga ke depan koalisi ini akan membangun komunikasi secara bersama, sehingga di agenda politik ke depan yang akan dilakukan koalisi tentunya berkomunikasi dengan pimpinan partai koalisi," lanjutnya.

Sementara itu, Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa menuturkan pertemuan ini juga membahas perlu-tidaknya penambahan koalisi ke depan. Ia menegaskan keempat partai ini memiliki tujuan yang sama untuk tetap menyolidkan koalisi.

"Dan kami ingin kekentalan koalisi itu semakin ketat, soliditas itu terjaga. Dan bagaimana kita mengantisipasi adanya pikiran apakah diperlukan perluasan keanggotaan dari koalisi. Kami bersyukur selama ini hanya ada perang kata-kata di antara kami sendiri yang berempat ini, terutama kader-kader kami yang hebat-hebat itu, ternyata dengan bertemunya kami berempat ini, ternyata tunning-nya itu sama semua. Semua itu untuk mempererat dan memperkuat konsolidasi dan soliditas koalisi," jelasnya.



Kemudian Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bersyukur bisa kumpul bersama tiga ketum parpol lainnya. Dia mengatakan momen ini dijadikan pertemuan untuk saling menguatkan dalam suksesi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Hari ini bisa bertemu kemudian dalam rangka ultah Surya Paloh sekaligus komunikasi awal yang tentu kita semua menyadari dinamika politik ke depan akan sangat menarik. Baik menyangkut hajat kita 17 Agustus, sidang tahunan, kemudian pada akhir Desember menuju 1 Oktober pelantikan DPR baru, menyusun AKD. Di tengah kesibukan itu, kami saling menguatkan di antara (anggota) koalisi dengan tujuan saling menguatkan dengan tujuan sukses pemerintah Jokowi-Ma'ruf," tutur Cak Imin.
(eva/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com