detikNews
Senin 22 Juli 2019, 20:15 WIB

Canangkan Kantor Bersih, ASN Kota Bekasi Diwajibkan Sedekah Sampah Plastik

Isal Mawardi - detikNews
Canangkan Kantor Bersih, ASN Kota Bekasi Diwajibkan Sedekah Sampah Plastik Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Pemkot Bekasi tengah mencanangkan gerakan kantor bersih dengan menggencarkan program Sedekah Sampah. Untuk mendukung program itu, para ASN diminta mengumpulkan sampah anorganik, terutama sampah plastik.

"Kemarin ada instruksi Wali Kota dan surat edaran untuk aparatur yang ada di lingkungan kantor di Kota Bekasi ini memilah sampah agar kantor bersih. Kita lagi pencanangan kompleks kantor bersih dan bebas sampah," jelas Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Kustantinah Puji Wahyuni di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (22/7/2019).

Program Sedekah Sampah diluncurkan mulai hari ini. Para ASN dapat menyetor sampah anorganik yang dikumpulkan setiap OPD (organisasi perangkat daerah) di Balai Patriot, Jalan Ahmad Yani.

"Di OPD itu dicatat sampah yang dia bawa, yang dia kumpulkan baik di kantor dan di rumah," tuturnya.

Pengumpulan dilakukan setiap Senin, yakni sebelum dan sesudah apel pagi. Selain sampah di lingkungan kantor, Kustantinah menyebut ASN dapat membawa sampah anorganik dari rumah.




Sampah yang terkumpul akan diolah Bank Sampah Induk Patriot (BSIP). "Nanti BSIP yang menjemput ke kantor. Diolah di BSIP kantornya di (Bekasi) Utara," ujar Kustantinah.

Hari pertama penyetoran sampah, ribuan sampah anorganik terkumpulkan. "Hari ini didata dapat Sedekah Sampah total seberat 1.373,1 kg dan minyak jelantah 17 liter," ujar Kustantinah.

Kustantinah mengatakan tidak ada reward bagi setiap OPD yang banyak mengumpulkan sampah. Ia berharap program ini dapat mengubah mindset setiap ASN soal pemilahan sampah.

Pantauan detikcom, puluhan karung sampah terkumpul di depan gedung Balai Patriot Bekasi. Lokasinya sekitar 20 meter dari kantor Wali Kota Bekasi. Terlihat pula jeriken berisi minyak jelantah. Dua petugas keamanan tampak berjaga.




Simak Juga 'Geramnya Jokowi, Masalah Sampah Selalu Mandek!':

[Gambas:Video 20detik]


(isa/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +