detikNews
Senin 22 Juli 2019, 19:27 WIB

Alasan PDIP Incar Kursi Ketua MPR

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Alasan PDIP Incar Kursi Ketua MPR Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - PDIP ingin kadernya menjadi Ketua MPR RI. PDIP menilai, dengan menjadi Ketua MPR, mereka bisa mengembalikan watak dan kepribadian bangsa.

"Ya semuanya kan dalam satu konsepsi kerja sama. Bahwa idealnya karena PDIP punya agenda untuk melakukan sebuah upaya mengembalikan sistem politik kita agar sesuai dengan watak dan kepribadian bangsa," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP PA GMNI, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

Hasto mengatakan MPR memiliki tugas penting dalam menentukan haluan negara. Selain itu, MPR mempunyai kewenangan terhadap penataan sistem politik dan ekonomi.

"Misalnya bagaimana MPR mempunyai kewenangan dalam menetapkan haluan negara, penataan sistem politik, sistem ekonomi," mata Hasto.




Menurut Hasto, saat ini partai tengah mendiskusikan peluang PDIP menjadi pemimpin MPR. Ia menegaskan PDIP akan mempersiapkan kader terbaik untuk menepati posisi strategis itu.

"Dialog inilah yang kami lakukan. Apa pun, sebagai partai yang dipercaya rakyat, PDI Perjuangan juga mempersiapkan kader-kader terbaik untuk masuk di dalam jabatan strategis sebagai Ketua MPR," lanjut Hasto.

Hasto menambahkan PDIP memiliki banyak kader yang bisa menempati kursi pimpinan MPR. Ia menilai kader terbaiklah yang akan duduk di kursi tersebut.

"Dari PDI Perjuangan banyak, karena dari proses regenerasi kepemimpinan terus berjalan. Banyak tokoh yang memiliki kualifikasi sikap kenegarawanan yang baik untuk menjadi pimpinan tersebut," kata dia.


Namun, ketika disebut nama Ahmad Basarah, yang kini menjadi Wakil Ketua MPR, Hasto enggan berkomentar. Menurutnya, kewenangan mengajukan nama calon Ketua MPR adalah kewenangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Ya itu nanti Ibu Megawati Soekarnoputri. Tugas kami menjalankan perintah dari Ketum," lanjutnya.



Simak Juga 'Gerindra Incar Ketua MPR, NasDem: Boleh Saja, tapi':

[Gambas:Video 20detik]


(lir/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed