detikNews
Senin 22 Juli 2019, 19:22 WIB

Anies 4 Kali ke Luar Negeri Sepanjang 2019, Ini Rinciannya

Indah Mutiara Kami - detikNews
Anies 4 Kali ke Luar Negeri Sepanjang 2019, Ini Rinciannya Anies Baswedan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI memaparkan rincian kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sepanjang 2019. Semuanya sudah atas sepengetahuan dan izin Mendagri Tjahjo Kumolo.

Perincian itu dipaparkan oleh Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDHKLN) Pemprov DKI Jakarta Mawardi dalam keterangan pers di situs Pemprov DKI, Senin (22/7/2019). Mawardi mengatakan Anies dua kali melakukan kunjungan singkat ke Singapura serta dua kali kunjungan kerja ke luar negeri.

"Sesuai aturan, minimal 10 hari sebelum keberangkatan sudah mengajukan surat permohonan kepada Mendagri. Kami selalu beberapa minggu sebelumnya. Bahkan ada yang beberapa bulan sebelumnya. Dan selalu mendapatkan izin dari Mendagri," kata Mawardi.



Berikut rinciannya berdasarkan keterangan dari Pemprov DKI:

2 Maret 2019

Anies menjenguk istri Presiden RI ke-6, Ani Yudhoyono, yang saat itu dirawat di National University Hospital (NUH), Singapura. Kepergian Anies ke Singapura menggunakan dana pribadi dan tanpa APBD. Anies berangkat pagi, lalu pulang sore hari tanpa bermalam di Singapura.


3 Mei 2019

Anies menjadi keynote speaker The Pyramid's Annual Post-AGM Gala Dinner yang dilaksanakan di Singapura. Acara tersebut berdasar undangan Vivian Balakrishnan, yang juga Menteri Luar Negeri Singapura. Anies berpidato di depan Perdana Menteri, para pemimpin bisnis, tokoh akademisi, para menteri anggota kabinet, dan termasuk mantan Perdana Menteri.

Seluruh transportasi dan akomodasi Anies di Singapura ditanggung pihak penyelenggara. Pemprov DKI mengajukan izin pada 21 Maret 2019, lalu dibalas Mendagri pada 5 April 2019.



20-21 Mei 2019

Anies melakukan kunjungan kerja yang pertama pada 2019 dengan mengunjungi Tokyo, Jepang. Anies menghadiri pertemuan Urban 20 (U20) Mayors Summit Agenda, yang merupakan pertemuan pemimpin ibu kota negara anggota G20. Pertemuan U20 adalah rangkaian dari kegiatan pertemuan G20 yang juga dilaksanakan di Jepang.

Di sana, Anies juga menjadi pembicara mengenai perubahan iklim. Pemprov DKI menyebut Anies adalah satu-satunya gubernur yang diundang berbicara dalam tiga forum berbeda. Selain itu, Anies memberikan paparan khusus tentang Jakarta di Sasakawa Foundation dan pertemuan bilateral dengan Gubernur Tokyo untuk memperingati Hubungan Persahabatan Kota Ke-30 antara Tokyo dan Jakarta.

Izin untuk perjalanan Anies ke Tokyo ini sudah diajukan Pemprov DKI pada Januari 2019.



8-17 Juli 2019

Ini merupakan kunjungan kerja Anies ke luar negeri kedua sepanjang 2019. Anies pergi ke Medellin, Kolombia, dan Amerika Serikat. Kegiatan yang dihadiri Anies di antaranya The World Cities Summit Mayors Forum 2019, pembicara pada pertemuan USINDO Open Forum, dan bernegosiasi dengan Formula E.

Pada keberangkatan ke Kolombia dan Amerika tersebut, Pemprov DKI mengajukan surat kepada Mendagri pada 28 Mei 2019.





Simak Juga 'Soal Perizinan Kepala Daerah ke LN, Mendagri Singgung Anies':

[Gambas:Video 20detik]



Anies 4 Kali ke Luar Negeri Sepanjang 2019, Ini Rinciannya

(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com