detikNews
Senin 22 Juli 2019, 19:16 WIB

Perindo: Ada yang Minta Pembagian Porsi 55-45, Kontribusinya Apa?

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Perindo: Ada yang Minta Pembagian Porsi 55-45, Kontribusinya Apa? Arya Sinulingga (Noval/detikcom)
Bogor - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais berbicara tentang pembagian porsi 55-45 sebagai syarat rekonsiliasi pasca-Pilpres 2019. Bagaimana tanggapan Perindo selaku partai pengusung Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin?

"Ada yang meminta (pembagian porsi) 45 atau 55? Kontribusinya apa terhadap permintaan seperti itu?" ujar Ketua DPP Perindo Bidang Komunikasi dan Media Massa Arya Sinulingga saat ditemui di Istana Bogor, Senin (22/7/2019).




Arya mengungkapkan Perindo berharap, yang masuk ke kabinet Jokowi nantinya merupakan orang-orang yang berkeringat memenangkan Jokowi pada Pilpres 2019. Menurutnya, syarat itu mutlak menjadi pertimbangan.

"Jadi kita tegaskan betul bahwa orang-orang yang berjuang untuk Pak Jokowi itu adalah yang memang tegas ada di kabinet. Itu yang tegas kita lakukan. Jadi partai-partai yang masuk pun ya memang orang-orang yang berjuang untuk Pak Jokowi," jelasnya.

Arya pun menyebut Amien Rais tidak realistis. Dia menyarankan agar parpol pendukung Prabowo Subianto tetap menjadi oposisi.

"Tolong kembalilah sadar akan perjuangannya. Dan satu hal, Pak Jokowi ini butuh oposisi yang baik dan butuh oposisi yang kuat," tuturnya.

"Kita butuh oposisi yang baik. Kalau cuma saru partai, ya sayang. Gerindra itu lebih cocok dan bagus sebagai oposisi," imbuhnya.




Amien Rais sebelumnya memang berbicara tentang pembagian porsi 55-45 sebagai syarat rekonsiliasi Jokowi-Prabowo. Tokoh politik berjuluk 'Bapak Reformasi' itu menyebut kubu Jokowi telah berpikir dengan akal sehat jika pembagian porsi itu disepakati.

"Saya bilang, kalau mau rekonsiliasi, tentukan dulu platformnya (programnya), mau diapakan Indonesia ini? Prabowo sudah bicara di mana-mana pentingnya kedaulatan pangan, energi, tanah, air, dan lain-lain. Kalau itu disepakati, misalnya disepakati, ayo bagi 55-45, itu masuk akal. Kalau sampai disepakati, berarti rezim ini balik kanan, sudah jalan akalnya," kata Amien Rais dalam sambutan acara 'Muhasabah dan Munajat untuk Negeri' di gedung Dakwah, Jl Kramat Raya, Jakpus, Sabtu (20/7).




Simak Juga 'Amien Rais dan Upaya Memelihara Api Oposisi':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com