detikNews
Senin 22 Juli 2019, 17:53 WIB

Pansel Capim KPK Terima 900 Masukan Publik: Tapi Kebanyakan Timses

Dwi Andayani - detikNews
Pansel Capim KPK Terima 900 Masukan Publik: Tapi Kebanyakan Timses Pansel capim KPK mengumumkan para kandidat yang lolos tahap uji kompetensi (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Panitia seleksi calon pimpinan (pansel capim) KPK menerima 900 e-mail dari masyarakat sebagai masukan. Namun rupanya banyaknya masukan itu sebagian besar dari pendukung para kandidat.

"Asal tahu saja, dari 900 masukan, kebanyakan tim sukses (yang menyebut) ini bagus, ini bagus, banyak sekali yang mendukung," ujar Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih, di gedung Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).




Harapan Yenti akan masukan dari publik itu sebaiknya berbasis data. Dia menyebut masukan dari publik nantinya akan dipertimbangkan sebelum para kandidat mengikuti tes wawancara.

"Kami akan dalami bahwa yang dilaporkan berbasis data. Tidak asal karena ini-itu, tak boleh fitnah," sebut Yenti.

Anggota pansel capim KPK Harkristuti Harkrisnowo menyebutkan setelah ini tahapan seleksi berupa psikotes. Masukan dari publik itu turut disebut Harkristuti tetapi ditindaklanjuti.

"Sementara ini kami akan lakukan psikotes untuk semuanya dan hasilnya akan diteliti dan masukan akan kami pakai khususnya sebelum wawancara," kata Harkristuti.




Yenti kembali mengingatkan tentang cara pemberian masukan dari publik yaitu secara tertulis melalui website Kementerian Sekretariat Negara. Tidak hanya itu, masukan juga dapat diberikan secara langsung.

"Masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui website Kementerian Sekretariat Negara di apel.setneg.go.id, atau melalui email ke panselkpk2019@setneg.go.id. Atau diantar langsung ke Sekretariat panitia seleksi di lantai 2, gedung 1 Kementerian Negara," kata YentiSekretariat.

Masukan ini dapat diberikan hingga waktu yang ditentukan. Mulai tanggal 23 Juli 2019 sampai dengan tanggal 30 Agustus 2019, pukul 16.00 WIB.



Simak Juga 'Sebanyak 104 Kandidat Capim KPK Lolos Uji Kompetensi':

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed