detikNews
Senin 22 Juli 2019, 17:35 WIB

Anggota DPR F-PAN Sukiman Tersangka Suap Tak Ditahan Usai Diperiksa KPK

Haris Fadhil - detikNews
Anggota DPR F-PAN Sukiman Tersangka Suap Tak Ditahan Usai Diperiksa KPK Anggota DPR Fraksi PAN Sukiman setelah diperiksa KPK. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Anggota DPR Fraksi PAN Sukiman diperiksa KPK terkait kasus dugaan suap pengurusan anggaran Kabupaten Pegunungan Arfak. Sukiman, yang juga tersangka dugaan suap, tak ditahan setelah diperiksa KPK.

Sukiman keluar dari gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019) pukul 17.25 WIB. Dia tak menjelaskan materi pemeriksaannya.

"Sudah saya jelaskan ke penyidik semua," kata Sukiman sambil berjalan ke mobilnya.

KPK memeriksa Sukiman sebagai saksi untuk tersangka Natan Pasomba, yang merupakan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pegunungan Arfak, Papua Barat. Dia ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga memberi suap kepada Sukiman.




KPK menduga Natan menyiapkan uang Rp 4,41 miliar, yang terdiri atas uang tunai Rp 3,96 miliar dan valas USD 33.500. Duit tersebut diduga merupakan commitment fee sebesar 9 persen dari dana perimbangan yang dialokasikan untuk Pegunungan Arfak.

Namun yang diduga diterima Sukiman, menurut KPK, berjumlah Rp 2,65 miliar. Suap itu diduga diterima Sukiman dalam rentang Juli 2017 hingga April 2018 dengan beberapa pihak sebagai perantara.

Perkara ini merupakan pengembangan yang dilakukan KPK terhadap perkara sebelumnya melalui operasi tangkap tangan (OTT). Dalam perkara sebelum Sukiman, KPK telah menjerat eks anggota DPR F-Demokrat Amin Santono, Eka Kamaluddin, Yaya Purnomo, dan Ahmad Ghiast.
(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com