detikNews
Senin 22 Juli 2019, 17:33 WIB

Pemilihan Wagub DKI Molor, Ini Penjelasan Ketua DPRD

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pemilihan Wagub DKI Molor, Ini Penjelasan Ketua DPRD Gedung DPRD DKI Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menanggapi molornya rapat paripurna pemilihan Wakil Gubernur DKI. Prasetio menyebut belum ada surat undangan rapat pimpinan gabungan (rapimgab) yang harus dia tanda tangani.

"Suratnya belum nyampe ke saya. Kalau sudah, saya selesaikan," ujar Prasetio kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Rapimgab yang belum dilaksanakan adalah tahap pembahasan draf tatib pemilihan. Setelah itu, draf tata tertib dan pembentukan panitia pemilihan (panlih) disahkan dalam rapat paripurna. Panlih bekerja untuk menyusun acara pemilihan, termasuk mengesahkan calon, untuk dibawa ke rapat paripurna pemilihan.




Prasetio berjanji, bila surat tersebut masuk, dirinya akan langsung menandatangani jadwal rapimgab.

"Belum ada surat ke saya. Kalau ada, ya rapimgab-lah," katanya.

Urusan surat-menyurat dan undangan dikerjakan oleh Sekretaris Dewan M Yuliadi. Namun, menurut Yuliadi, belum ada permintaan untuk membuat surat undangan rapimgab.

"Iya, harusnya diomongin bareng antara Pansus (Pemilihan Wagub) dan pimpinan, waktunya kapan. Kan harus diomongin. Tugas saya hanya nyiapin undangan nih dengan tempat dan fasilitasnya," ujar Yuliadi.





Sedangkan soal rapimgab yang gagal dilaksanakan pada Rabu (17/7), Yuliadi menyebut surat undangan tidak ditandatangani oleh Prasetio.

"Saya sudah bikin undangannya, tapi undangan belum diteken sama pimpinan. Kan jadi nggak bisa jalan," sambungnya.





Rapat paripurna pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta batal diselenggarakan hari ini. Penyebabnya, pimpinan DPRD belum menggelar rapat pimpinan gabungan (rapimgab) pemilihan Wagub DKI Jakarta.

"Hal tersebut (belum rapimgab) tentu akan otomatis menggeser rencana jadwal paripurna pemilihan Wagub DKI yang sedianya direncanakan dilaksanakan pada hari Senin, 22 Juli," kata Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI Bestari Barus saat dihubungi.



Simak Juga 'Mendagri Sebut Bukan Salah Anies 11 Bulan DKI Tanpa Wagub':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com