detikNews
Senin 22 Juli 2019, 15:41 WIB

Saat Kebohongan 'Perhiasan' Nunung di Transaksi Sabu Dibongkar Polisi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Saat Kebohongan Perhiasan Nunung di Transaksi Sabu Dibongkar Polisi Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta - Pelawak Nunung diciduk polisi setelah menerima sabu dari pemasok Hadi Moheriyanto alias Hery alias Tabu. Namun keduanya sempat berbohong dan menutupi transaksi sabu itu sebagai jual-beli perhiasan.

Kasubdit I Ditnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvin Simanjuntak mengatakan kasus ini terbongkar setelah polisi menangkap Tabu di kawasan Tebet, Jaksel. Tabu saat itu diketahui baru saja menyerahkan barang di rumah seseorang yang belakangan diketahui bahwa itu rumah Nunung.

"Terkait kejadian ini, betul kami dapat informasi masyarakat jaringan TB tadi kita dapat informasi masyarakat di Tebet ada transaksi narkoba kita lakukan pendalaman. Pada saat itu kita lihat tersangka TB sudah menyerahkan barang lewat pagar, kita nggak tahu rumah itu siapa dan ada siapa," jelas Calvin kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Tabu saat itu sudah diintai polisi. Selesai melakukan transaksi, polisi lalu menangkap Tabu dan menggeledahnya.

"Pada saat selesai transaksi, kita buntuti TB dan kita tangkap, kita geledah ditemukan hanya HP dan uang Rp 3,7 juta di dalam dompet tersangka TB," ungkap Calvin.

Awalnya, Tabu mengelak uang itu adalah hasil transaksi sabu. Tabu mengaku bahwa uang itu adalah hasil penjualan perhiasan.

"Awalnya dia nggak ngaku ini uang apa, dia ngaku ini penyerahan perhiasan," imbuh Calvin.


Polisi kemudian mencecar Tabu soal perhiasan yang dimaksud. Polisi tidak percaya bahwa uang tersebut adalah hasil penjualan perhiasan.

"Penyidik mendalami kalau ini, perhiasan ini, perhiasan apa, bentuknya apa, uangnya apa, apakah Rp 3,7 juta dengan perhiasan itu uangnya cukup atau tidak," sambung Calvin.

Setelah menangkap Tabu, polisi kemudian membawanya ke rumah Nunung. Polisi kemudian bertemu dengan tersangka July Jan Sambiran alias Iyan (JJ), suami Nunung.

Calvin mengatakan Nunung dan suaminya tidak kooperatif saat polisi menginterogasinya. Bahkan sabu seberat 2 gram dibuang ke kloset.


Video: Nunung Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

[Gambas:Video 20detik]


"Barang yang diserahkan sudah diakui sabu 2 gram yang udah dipakai JJ dan NN dan sempat digunting, kemudian dibuang ke kloset. Ini bentuk upaya menghilangkan petunjuk atau barbuk yang dilakukan NN," papar Calvin.

Nunung juga sempat membantah telah membeli sabu dari Tabu. Sama halnya dengan Tabu, Nunung mengaku transaksi itu adalah transaksi perhiasan.

"Saat dibuang, kita bisa interogasi JJ dan NN, awalnya dia nggak ngakui. Dia ngakuin-nya beli perhiasan dan kita tanya lagi beli perhiasan apa itu tidak bisa dijelaskan. Saat kita geledah NN ngaku baru pakai narkoba dan membuang ke kloset," pungkasnya.




Simak Video "Nunung Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara"

[Gambas:Video 20detik]


Saat Kebohongan 'Perhiasan' Nunung di Transaksi Sabu Dibongkar Polisi


(mei/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com